Ibu Ini 'Hamil Permanen' Perutnya Buncit Seperti Mengandung, Padahal Nggak. Ternyata Ini Penyebabnya!

20 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Seorang ibu bernama Cheryl Castle di Aylesbury, Buckinghamshire merasa stress karena perutnya tampak seperti orang hamil. Padahal, ia sudah melahirkan putranya melalui operasi sesar pada tahun 2011. Setelah itu Castle juga sudah berolahraga lima hari seminggu untuk menurunkan berat badannya. Tapi meskipun berat badannya turun, perutnya tetap membuncit. Apa penyebabnya?

1. Castle ternyata mengalami kondisi yang disebut sebagai diactasis recti

Diactasis recti adalah kondisi di mana otot perut merenggang saat hamil karena melebarnya rahim oleh pertumbuhan bayi. Diactasis recti terjadi pada 1 dari 3 wanita yang mengandung. Penyebabnya banyak, bisa karena otot perut lemah atau sudah beberapa kali hamil. Selain itu bisa juga karena saat hamil melakukan aktivitas fisik yang berlebihan atau olahraga seperti sit up dan push up namun posisinya salah serta aktivitas yang melibatkan lutut, perut, dan tangan. Jarak kehamilan yang dekat dan hamil bayi kembar juga dapat meningkatkan resiko terkena diactasis recti

2. Dampak dari diactasis recti adalah membuncitnya perut dan sulit kempes setelah melahirkan

Jadi meskipun sudah mengurangi asupan makanan berlemak, karbo, dan juga konsumsi gula, nggak berpengaruh dengan kondisi perut. Seperti yang terjadi pada Castle, sampai ia dikira hamil oleh tetangga, kasir supermarket bahkan orang asing di taman yang lalu memberikan selamat atas kehamilan keduanya. Gimana nggak stress dibilang mengandung terus padahal tidak?

3. Karena keadaannya, Castle bahkan kesulitan mencari baju yang ukurannya sesuai

Nggak jarang Castle pergi dengan niat shopping seharian tapi nggak menemukan ukuran yang sesuai dan pulang ke rumah dengan tangan kosong. Kamu yang cewek pasti bisa ngebayangin dong gimana rasanya. Antara kecewa dan hampa. Ia juga merasa tidak percaya diri untuk jalan-jalan, karena pasti akan bertemu orang-orang yang mengucapkan selamat atas kehamilannya padahal ia tidak sedang mengandung.

4. Untuk mengembalikan perutnya seperti semula, Castle harus mengumpulkan 8000 Poundsterling

Operasi untuk mengembalikan perutnya ke bentuk dan ukuran semula membutuhkan biaya yang mahal. Karena itu Castle telah mengumpulkan dana dari sebuah situs bernama GoFUndMe. Ia berharap setelah operasi dapat memulai hidup barunya dan kembali mendapat kepercayaan diri yang hilang akibat diactasis recti.

5. Castle berpesan untuk wanita lain yang mengalami masalah kandungan maupun persalinan

Menurut Castle, ada banyak wanita di luar sana yang masih takut membahas soal kehamilan dan persalinan serta masalah-masalah yang ada di antaranya karena dianggap tabu. Ia berpesan kepada wanita-wanita yang bernasib sama dengannya untuk terus berusaha dan jangan menyerah.

Diactasis recti sendiri bisa diatasi dengan yoga dan aktivitas fisik tertentu namun tentu saja harus dengan konsultasi dokter terlebih dahulu. Buat kamu yang baru nikah, lagi hamil atau mau melahirkan, jangan panik jika mengalami masalah kandungan. Jangan buru-buru mengambil tindakan juga. Lebih baik konsultasikan kepada dokter sehingga penanganannya akan lebih tepat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES