Hebat! Peneliti Amerika Serikat Berhasil Melakukan Pengeditan Embrio Manusia

07 Agustus 2017
|Romlah Sundari
124SHARES

Perkembangan ilmu alam memang sangat pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi yang kini sangat membantu ilmuwan untuk melakukan hal-hal yang tadinya terasa sangat mustahil. Seperti memantau aktivitas otak, melakukan transplantasi organ, hingga yang terkini,  mengubah susunan genetik. Sejak ditemukannya teknologi baru bernama Crispr-Cas9 yang dapat digunakan untuk ‘menggunting’ gen makhluk hidup, percobaan perubahan gen jadi marak dilakukan, meski mengundang pro kontra dari banyak pihak. Berbagai percobaan telah berhasil dilakukan, mulai dari merubah susunan genetik pada tumbuhan, hingga yang terbaru dan paling kontroversial, percobaan merubah susunan genetik dalam embrio manusia.

Ya, untuk pertama kalinya, Ilmuwan di Amerika Serikat berhasil melakukan proses mengubah susunan genetik dalam embrio manusia. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya mutasi genetik yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Dalam percobaan yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan dari Portland, Oregon, dan dipimpin oleh Shoukhrat Milatipov ini, yang menjadi target pengeditan adalah gen yang dapat mendorong terjadinya Kardiomiopati Hipertrofik. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit jantung yang cukup mematikan dan terjadi pada 1 dari 500 orang. Dan mereka yang terkena Kardiomiopati Hipertrofik akan menyebabkan otot jantung menebal sehingga dapat memicu terjadinya serangan jantung mendadak.

Percobaan ini dilakukan kepada 42 embrio manusia dan 72 persen embrio merespon upaya pengeditan gen ini dengan baik. Upaya penelitian ini terbilang berhasil karena tidak terlihat terjadi perubahan lain yang tidak diinginkan pada susunan gen lainnya selain DNA yang telah diedit oleh para peneliti. Embrio-embrio ini lantas dibiarkan berkembang selama lima hari, setelah itu, hasil penelitian ini dihancurkan.

Meski merupakan terobosan baru yang dapat mengubah dunia, namun penelitian ini juga menerima kritik yang tidak sedikit. Banyak orang berpendapat bahwa tidak seharusnya ilmuwan mencoba melakukan pengubahan pada gen manusia, karena hal itu berarti ilmuwan berusaha mengontrol alam. Selain itu, mereka juga mengkritisi bagaimana dampak dari perubahan genom manusia ini kedepannya. Karena alam bukanlah sesuatu yang dapat dikontrol oleh manusia dan pasti menimpulkan dampak buruk kedepannya.

Bagaimanapun, penelitian terkait perubahan genom manusia ini mungkin dapat mengubah total masa depan di dunia kedokteran. Dan meski masih diperdebatkan mengenai kode etik dari penelitian semacam ini, namun penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengetahui dampak jangka panjang dari pengeditan gen ini, terutama tentang embrio manusia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
124SHARES