Hati-hati! Urin 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Serius

02 Agustus 2017
|Faizah Pratama
372SHARES

Hidup berdampingan dengan hewan terkadang menjadi sesuatu yang memang lumrah dijalani. Entah hewan yang sengaja dipelihara ataupun mereka yang hidup liar di lingkungan kita. Hewan-hewan liar tersebut hidup berkeliaran di sekitar kita, misalnya tikus ataupun kecoa. Keberadaan kedua hewan tersebut bahkan jadi indikasi bersih atau tidaknya lingkungan kita.

Yang perlu kita waspadai, urin hewan-hewan tertentu juga bisa membawa penyakit bagi manusia. Bukan hanya kedua hewan itu, hewan peliharaan kita pun juga punya resiko menularkan penyakit. Lima hewan yang kesehariannya cukup dekat dengan manusia ini, ternyata punya potensi besar dalam menularkan penyakit tertentu. Yuk hindari urin hewan-hewan berikut!

1. Kucing

Hewan lucu ini memang kerap jadi peliharaan favorit. Biarpun ia sudah terlatih untuk makan dan buang kotoran di tempatnya, kucing juga punya kebiasaan untuk menandai teritorinya. Caranya adalah dengan mengencingi di area tertentu. Kebiasaan inilah yang kadang luput dari perhatian manusia. Padahal urin hewan berbulu yang imut ini punya potensi membawa penyakit, misalnya toksoplasma yang berbahaya bagi wanita hamil.

 

2. Anjing

Sama halnya dengan kucing, anjing punya cara yang sama untuk menandai teritorinya. Walau sudah disediakan tempat untuk buang air, dia bisa saja kencing di sofa, karpet, maupun lantai yang ia anggap sebagai daerah kekeuasaannya. Perlu diwaspadai juga, urin hewan ini ternyata bisa membawa bakteri Leptospirosis yang dapat menyerang manusia. Tanda-tanda awal infeksi bakteri ini terasa seperti flu biasa, tetapi lebih parahnya bisa mengenai fungsi ginjalmu juga. Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan desinfektan untuk membersihkan bekas kencing anjing.

 

3. Tikus

Bukan peliharaan, tapi hewan ini pasti ada di sekitar manusia. Hewan pengerat kecil ini sangat perlu untuk diwaspadai karena urinnya juga membawa bakteri Leptospirosis. Selain itu, air kencing tikus juga bisa membawa Hantavirus Pulmonary Syndrome yang ditandai dengan tangan berkeringat, demam, dan kencing berbusa. Virus ini bisa menyebabkan sulit bernafas sehingga menyebabkan kematian. Ngeri banget, ya?

 

4. Kecoa

Hewan mungil ini memang kerap kali membuat jijik. Apalagi ketika kecoa itu terbang secara tiba-tiba. Perlu diwaspadai pula, hewan ini memang sumbernya penyakit. Dalam tubuh kecoa mengandung 32 macam bakteri, beragam virus juga cacing. Deman, diare, dan juga gatal-gatal bisa ditularkan melalui urin hewan ini, apalagi jika sudah mencemari makanan. Hiii!

 

5. Kelelawar

Hewan ini memang sudah jarang ditemui akhir-akhir ini. Tetapi, populasinya pedesaan masih cukup banyak kok. Hidupnya yang bergerombol membuatnya menjadi potensial sebagai sumber bakteri. Tak kurang dari 60 virus berbahaya dapat dibawa oleh hewan ini dan ditularkan melalui kencing dan kotorannya.

 

Air kencing atau urin hewan-hewan di atas ternyata sangat berbahaya. Apalagi, hal ini sering tidak diketahui oleh banyak orang. Menjaga kebersihan tentu menjadi kunci utama terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Bayangkan jika kita meminum dari kaleng yang tanpa kita tahu sudah dikencingi tikus atau kecoa? Jangan sampai kejadian deh, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
372SHARES