Hati-hati, Bagi yang Suka Melewatkan Sarapan Pagi. Ini 7 Bahaya yang Mengintai

31 Juli 2017
|Venanda
1.5 KSHARES

Baru-baru ini ada sebuah berita yang mengerikan tentang bahayanya melewatkan sarapan pagi. Dilansir dari laman odditycentral, ada seorang wanita yang harus menjalani operasi pengeluaran batu ginjal sebanyak 200 buah dari dalam perutnya karena sering tidak sarapan. Ih, ngeri banget ya. Bagaimana coba rasanya ada 200 batu ginjal di dalam perut? 

Wanita ini bahkan harus menjalani operasi selama enam jam untuk mengeluarkan batu berukuran kerikil hingga telur ayam dari dalam perutnya. Setelah diusut oleh tim dokter, ternyata penyebab batu sebanyak ini ada di perutnya adalah karena sering melewatkan makan pagi. Sepele memang, tapi dampaknya bagi kesehatan sungguh luar biasa. 

Hal yang sering dianggap tidak terlalu penting oleh banyak orang ternyata memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan lho. Nah makanya, kami sudah menghimpun beberapa bahaya melewatkan sarapan bagi tubuh biar kamu peduli untuk menyempatkan sarapan di pagi hari.

1. Ternyata lebih baik tidak makan siang daripada melewatkan sarapan. Hal ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh kacau

Sering melewatkan sarapan bisa membuat metabolisme tubuh terganggu. Terlebih jika jadwal makanmu juga kacau. Bisa-bisa pencernaanmu akan bermasalah. Nah, cara membuat metabolisme tetap terjaga salah satunya adalah dengan makan pagi teratur.

2. Alih-alih bisa kurus, selalu melewatkan makan pagi justru tingkatkan resiko kegemukan

Tidak makan pagi justru akan meningkatkan resiko kegemukan lho. Karena jika tidak makan pagi, orang akan cenderung 'balas dendam' dengan makan banyak di jam makan siang. 

3. Nggak makan pagi bisa bikin cepat lelah dan tidak semangat seharian. Bisa-bisa kerjaan malah jadi keteteran

Berdasarkan National Institutes of Health, jika kamu tidak makan di pagi hari, resiko hypoglycemia atau gula darah rendah akan lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan gejala fisik seperti lemas, pusing, detak jantung meningkat, cepat lelah, dan tidak bersemangat.

 

 

 

4. Ngeri! Penyakit berbahaya akan mengintaimu yang sering tidak makan pagi

Banyak penyakit mengintai jika melewatkan makan pagi. Salah satunya adalah penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak makan pagi akan memiliki resiko 27 persen lebih tinggi terkena serangan jantung. 

5. Tidak makan pagi juga bisa mengganggu keseimbangan hormon. Bisa menyebabkan haid tidak lancar pada cewek

Informasi yang di dapatkan dari jurnal Appetite, mahasiswi yang melewatkan makan pagi secara terus-menerus ternyata memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dibandingkan mereka yang rutin makan pagi. 

6. Buat pelajar atau mahasiswa, konsentrasi bisa menurun juga lho kalau tidak makan pagi

Center for Disease Control mengungkapkan bahwa anak-anak sekolah yang tidak makan di pagi hari akan mengalami penurunan kemampuan untuk memecahkan masalah di sekolah. Sedangkan siswa yang rutin sarapan setiap hari akan memiliki nilai yang lebih tinggi dan jarang absen.

7. Bisa galau sepanjang hari kalau melewatkan makan pagi. Suasana hati bakal kacau gara-gara hal ini

Berdasarkan sebuah survei, 26 persen orang yang rutin sarapan akan memiliki suasana hati yang lebih baik. Karena ternyata efek dari tidak makan pagi yang berkepanjangan dapat menimbulkan efek samping gula darah rendah dan menimbulkan suasana hati yang kacau. 

Bahaya banget ya ternyata kalau nggak sarapan di pagi hari. Yuk mulai sekarang sempatkan makan pagi sebelum beraktivitas. Sebuah pisang atau sandwich untuk sarapan sudah cukup kok kalau sedang terburu-buru. Jangan lupa ingetin pacar dan orang tersayang untuk sarapan ya, guys. Biar tetap sehat bersama-sama. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
1.5 KSHARES