Gila, 5 Sampah Antariksa Ini Pernah Jatuh di Berbagai Kawasan di Indonesia!

02 Desember 2017
|Robertus Jeje
9.6 KSHARES

Seperti yang dilansir dari National Geographic Indonesia, dalam kurun waktu 60 tahun terakhir, bumi sudah meluncurkan lebih dari 7000 satelit ke luar angkasa - hingga kini, hanya sepertiganya saja yang masih berfungsi. Sisanya, menjadi sampah antariksa yang bisa menebar ancaman bagi satelit lain dan astronot yang sedang bertugas. Bahkan, sampah-sampah ini bisa saja meledak dan membahayakan semesta kita, karena bisa saja puing-puing ledakan itu jatuh ke bumi.

Di Indonesia sendiri, pernah ada objek-objek yang jatuh dari langit dan disinyalir itu adalah sampah antariksa. Benda-benda asing ini kemudian diambil oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk diidentifikasi. Lalu, kapan dan di mana saja sampah-sampah ini jatuh di kawasan Indonesia? Yuk, kepoin!

1. Benda bulat serupa kendi jatuh di Sungai Batang, Sumatera Barat tahun 2017.

Benda bulat seperti kendi jatuh di Sungai Batang, Sumatera Barat pada 18 Juli 2017. Oleh LAPAN, benda ini diidentifikasi sebagai bagian dari roket “Chang Zheng 3A” – yang dipakai untuk meluncurkan Beidou M1 (satelit navigasi miliki China yang diluncurkan pada 13 April 2007). Sebelum jatuh, benda asing ini diduga bagian dari tangki roket yang sudah mengorbit bumi lebih dari 10 tahun.

2. Bekas roket “FALCON 9 R/B” jatuh di Sumenep, Madura tahun 2016.

Senin, (26/09/ 2016) pukul 09.26 WIB, warga Sumenep dikejutkan dengan benda asing yang diduga itu adalah sampah antariksa. LAPAN mengatakan ini adalah bagian dari roket “FALCON 9 R/B” milik Jepang. Benda ini diduga sebagai bagian dari roket yang meluncurkan satelit komunikasi JCSAT 16. FALCON 9 adalah jenis roket pertama yang memiliki teknologi canggih untuk mendaratkan sendiri bagiannya kembali ke bumi.

3. Pada tahun 2003, pecahan roket milik Tiongkok jatuh Bengkulu

Roket milik Tiongkok pernah jatuh di Indonesia, tepatnya di Bengkulu pada tahun 2003. Roket ini ditemukan di kebun karet Desa Bukit Harapan IV. Warga sekitar menyebut, sore sehari sebelum ditemukan, terdengar ledakan yang cukup keras dan menimbukan sedikit getaran seperti gempa. Oleh LAPAN, benda ini diidentifikasi sebagai pecahan roket “CZ-3A” yang diluncurkan pada 29 November 1994. Kala itu, bagian roket ini digunakan untuk mengirim satelit komunikasi DHF-3.

4. Bagian dari roket “Soyuz A-2 Space Launcher 4” jatuh di Lampung tahun 1988

Objek asing juga pernah jatuh di Lampung pada 16 April 1988. Benda ini adalah bagian roket “Soyuz A-2 Space Launcher 4” milik Rusia. Roket ini digunakan untuk meluncurkan satelit mata-mata militer milik PNM atau Persemakmuran Negara-negara Merdeka, Rusia. PNM sendiri beranggotakan negara eks Uni Soviet yang dibentuk pada saat negara ini dibubarkan.

5. Tabung bahan bakar USSR jatuh di Gorontalo pada tahun 1981

Pada 26 Maret 1981, tabung bahan bakar USSR pernah jatuh di Gorontalo, tepatnya pukul 20.31 WITA. LAPAN mengetahui hal tersebut dari laporan warga. Setelah diidentifikasi, ternyata benda luar angkasa ini adalah bagian dari roket “Cosmos-3M/SL-8” milik Rusia. Fungsi roket ini untuk meluncurkan Interkosmos 20 – satelit penginderaan untuk meneliti laut dan permukaan bumi pada 1 November 1979.

Nah, itulah tadi benda-benda luar angkasa yang pernah jatuh di Indonesia. Bisa bayangin nggak betapa banyaknya jumlah sampah antariksa yang ada di atas kita? Cukup seram juga kalau ada yang jatuh di sekitar tempat kita tinggal, apalagi kalau jatuhnya rombongan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
9.6 KSHARES