Erica, Robot Cantik yang Bisa Diajak Bercanda dari Jepang

07 Juli 2017
|Chandra W.
606SHARES

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya inovasi di bidang teknologi, misalnya robot. Dari animasi Doraemon saja, kita bisa melihat betapa majunya Jepang dalam hal inovasi teknologi. Berbagai macam robot dari ukuran kecil sampai besar dan beragam fungsi dari robot anjing penjaga rumah, pelayan restoran, bahkan robot seks juga ada. Kecanggihan robot Jepang pun tak usah diragukan lagi.

Erica adalah robot Jepang yang penampilannya sangat mirip dengan manusia. Selama ini Jepang memang masih menghadapi kesulitan ketika hendak membuat tampilan robot seperti manusia, sementara robot anjing atau yang lain sudah biasa diciptakan. Namun Erica dapat berkedip, tersenyum, dan menunjukkan eksresi-ekspresi dasar layaknya manusia. Ide pembuatan robot ini berasal dari Hiroshi Ishiguro dari Osaka University dan berkolaborasi dengan Kyoto University. Di masa depan, Erica diharapkan bisa menjadi tenaga pengganti resepsionis. Karena ia cantik dan tidak perlu makan meskipun bekerja seharian, maka itu berarti biaya operasional hotel dapat dihemat.

Kemajuan teknologi memang selalu bisa bikin kita berdecak kagum, apalagi di Jepang yang segalanya super canggih. Tapi di satu sisi bikin khawatir juga karena kalau semuanya bisa dilakukan oleh robot, manusianya suruh ngapain?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
606SHARES