Dokter Mengeluarkan Lebih dari 100 Benda Tajam dari Perut Pria Ini, Kenapa ya?

08 Oktober 2017
|Romlah Sundari
1SHARES

Pada masa perkembangannya, manusia memang melalui fase-fase tertentu di mana ia senang memasukkan benda-benda apa pun ke dalam mulut. Biasanya, fase ini terjadi pada bayi yang masih berusia bulanan saat pertama kali gigi-giginya bertumbuh. Namun, fase ini semestinya terlewat seiring dengan perkembangan manusia ke tahap yang lebih lanjut sehingga jika terdapat seseorang yang sampai tua masih gemar memasukkan benda-benda selain makanan ke dalam mulut dan memakannya, maka dapat dipastikan orang tersebut mengalami gangguan kejiwaan yang memerlukan penanganan khusus dari psikiater atau ahli kejiwaan.

Hal inilah yang terjadi pada seorang pria dari Perancis yang berusia 52 tahun. Pria ini memiliki gangguan jiwa yang mendorongnya untuk terus memakan logam-logam tajam. Gangguan jiwa yang disebut dengan psychosis tersebut membuat pria ini kehilangan kontak dengan realita sehingga ia terus menerus memakan logam tajam, seperti paku, koin, dan benda-benda lainnya. Dorongan untuk memakan benda-benda yang tidak dapat dicerna oleh tubuh ini terang saja membuat tubuh pria ini mengalami berbagai gangguan kesehatan. 

Hal ini terbukti dengan dilarikannya pria ini ke rumah sakit sebanyak lima kali dalam jarak waktu lima tahun. Benda-benda yang tidak dapat dicerna oleh tubuhnya tersebut lantas membentuk sebuah gumpalan yang dinamakan dengan bezoar. Gumpalan ini mengambil tempat dalam rongga perutnya sehingga menyebabkan pria ini muntah-muntah dan susah makan. Selain itu, gumpalan ini juga mengiritasi dinding perut dan organ-organnya sehingga pria ini merasakan sakit yang amat sangat di perutnya dan bahkan mengalami muntah darah.

Dokter pun mengoperasi pria ini dan berhasil mengeluarkan setidaknya 100 logam tajam dari dalam saluran pencernaannya. Mulai dari paku, sekrup, pisau kecil, koin, hingga gagang sendok berhasil ditemukan dan dikeluarkan oleh dokter dari perutnya. Akan tetapi, karena psychosis yang dialami pria ini tidak kunjung membaik, maka kemungkinan besar pria ini juga akan melewati hal yang sama lagi ke depannya karena ia tetap terus menelan benda-benda yang tak dapat dicerna tubuh.

Bezoar atau gumpalan massa asing yang tak dapat dicerna tubuh ini dapat muncul tidak hanya pada orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan saja. Bezoar juga dapat terjadi pada orang yang menderita diabetes, penyakit ginjal, dan bahkan orang-orang yang pernah melewati operasi pada saluran pencernaannya. Hmm, ngeri ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES