Ditemukan 10 Planet Mirip Bumi, Rahasia Apakah yang Tersimpan di Alam Semesta?

www.lagioke.net

Badan Antariksa Amerika serikat, NASA, menemukan 10 planet baru yang bentuk dan suhunya mirip dengan bumi. Planet-planet yang berhasil ditemukan ini diindikasikan memiliki ukuran dan suhu yang hampir mirip dengan planet yang sekarang kita tinggali ini. Selain itu, posisi dan letak dari planet ini memungkinkan adanya air di planet tersebut. Sehingga manusia dapat tinggal di planet-planet ini. Penemuan planet ini membuat NASA bertanya-tanya, akankah ada kehidupan lain selain di bumi?

cdn-media.viva.id

Dengan menggunakan teropong ruang angkasa Kepler, NASA akhirnya berhasil menemukan 10 planet yang mirip dengan planet yang kita tinggali ini. Kesepuluh planet ini berhasil ditemukan NASA setelah melakukan pengamatan kepada 200 ribu sampel bintang di konstelasi Cygnus, yang masih merupakan bagian dari galaksi bima sakti. Ini merupakan penemuan luar biasa setelah penelitian planet menggunakan teropong Kepler dilakukan pertama kali pada tahun 2009.

sains840.files.wordpress.com

Tim pengamat NASA yang menemukan kesepuluh planet ini, menganalisis bahwa jarak dengan bintang induknya sudah tepat sehingga memungkinkan manusia tinggal di sana. Planet ini juga berbatu seperti di bumi. Peneliti juga meyakini planet ini berpotensi besar memiliki air. Jika ada air yang mengalir atau memenuhi permukaan planet tersebut, manusia bisa tinggal disana.

img.okezone.com

Hasil penemuan ini membuat peneliti program Kepler bertanya-tanya, apakah kita sendirian hidup di jagad raya ini? Peneliti tersebut beranggapan bahwa teropong Kepler memberi tahu secara tidak langsung bahwa kita tidak sendirian. Kemungkinan bahwa ada kehidupan lain di luar bumi itu nyata.

cdns.klimg.com

Tim teropong Kepler memang bertugas untuk meneliti tentang planet di luar tata surya yang mirip dengan bumi. Dengan teropong Kepler, peneliti bisa mendapatkan data tentang permukaan planet tersebut apakah seperti bumi yang solid dan berbatu atau sebagian besar gas seperti planet Neptunus. Data ini bisa membantu peneliti untuk menganalisis apakah planet tersebut mirip dengan bumi atau tidak. Dan yang paling penting adalah menemukan informasi apakah ada kehidupan di planet tersebut.

Apakah memang ada kehidupan lain di luar bumi? Apakah alien itu benar-benar ada? Bumi seperti apa yang mereka tinggali? Serta rahasia alam semesta apa yang belum tersingkap? Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang ada di pikiran kita saat mengetahui adanya kemungkinan kehidupan lain di luar bumi. Terlepas benar atau tidaknya ada kehidupan di luar bumi, penemuan ini menjadi sebuah kemajuan di bidang teknologi luar angkasa.

Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme