Disebut Sebagai Hewan yang Setia, Inilah 7 Fakta Penguin yang Perlu Kamu Tahu!

www.timeshighereducation.com

Siapa coba yang nggak suka sama penguin? Perawakannya yang cantik dan lucu selalu bikin setiap orang nggak bosan untuk melihat penampakan spesies unggas karnivora yang satu ini. Jangankan ngelihat hewannya beneran, lihat bonekanya aja udah gemes banget. Salah satu hewan favorit sejuta umat banget deh si penguin ini. Biar makin favorit, simak yuk fakta-fakta penguin yang belum banyak diketahui orang berikut ini!

1. Tersebar 17 spesies penguin di muka bumi

www.gadventures.com

Fakta penguin yang pertama berkaitan dengan variasi spesies unggas yang satu ini. Banyak ilmuwan yang menyetujui bahwa di dunia ini terdapat 17 spesies penguin, yang 13 di antaranya hampir punah. Spesies penguin itu kebanyakan ditemukan di belahan bumi selatan. Penguin dapat kita jumpai di negara Afrika Selatan, Chili, Peru, Kepulauan Galapagos, Selandia Baru, Australia, dan di sejumlah pulau sub-Antartika. Buat kamu yang mau nyamperin penguin di habitat aslinya, langsung saja ke negara-negara tersebut ya.

2. Pertama kali dilaporkan keberadaannya pada tahun 1520

www.exdest.com

Laporan tentang penguin pertama kali diterbitkan oleh Antonio Pigafetta, yang menjelajah dunia pada tahun 1520 bersama Ferdinand Magellan. Pigafetta dan rekan-rekannya dulu menyebut penguin dengan “angsa aneh”. Nah, nama penguin sendiri sebenarnya awalnya diberikan pada auks besar dengan nama ilmiah Pinguinus impennis, spesies yang mendiami lautan di sekitar Kanada timur yang sekarang sudah punah. Kemudian, para penjelajah yang melakukan perjalanan ke belahan bumi selatan dulu menyebut “penguin” ketika melihat burung menyerupai auks yang berwarna hitam dan putih. Dari situlah nama penguin itu kemudian melekat sampai sekarang. Penguin sendiri secara etimologi berasal dari bahasa Welsh, "Pengywn". Pen berarti ‘kepala’ dan dan gwyn yang berarti ‘putih’.

3. Salah satu dari sekitar 40 spesies burung yang tidak bisa terbang

fineartamerica.com

Penguin termasuk salah satu spesies burung yang tidak bisa terbang, sama seperti burung kasuari, burung unta, dan burung kiwi. Penguin tidak bisa terbang, tapi bisa berenang. Sekitar 75% waktu hidup hewan yang satu ini dihabiskan di air. Kebanyakan penguin dapat berenang dengan kecepatan 5—6 mil/jam dan dapat terus berada di dalam air selama 10—15 menit sebelum muncul ke permukaan untuk bernapas. Mata penguin ternyata juga dapat bekerja lebih baik di dalam air dibandingkan ketika di darat, lho. Penguin yang terkenal sebagai perenang tercepat adalah Penguin Gentoo yang mampu berenang dengan kecepatan 36 km/jam. Wah, wah, cepat juga.

 

4. Penguin adalah makhluk yang setia dan penyayang
www.vegansociety.com

Nggak cuma merpati yang terkenal akan kesetiaannya, penguin juga iya, walaupun nggak semuanya. Seperti manusia, penguin juga ada yang setia dan ada yang nggak. Penguin yang telah beranak juga merupakan tipe orang tua yang sayang banget sama anaknya. Baik penguin jantan maupun betina, keduanya akan merawat anak-anaknya sampai mereka mampu untuk mencari makanan sendiri. Fakta penguin yang satu ini bikin baper, ya.

5. Penguin Kaisar atau Emperor Penguin, adalah spesies penguin terbesar di dunia
www2.ucar.edu

Penguin Kaisar memiliki tinggi 1,2 m dan berat 45,3 kg. Spesies penguin terbesar di dunia ini mampu menyelam sedalam 1870 kaki selama 22 menit.  Selain itu,  Penguin Kaisar jantan dewasa bisa tidak makan sekitar 115 hari selama masa penetasan telurnya. Penguin Kaisar juga menjadi satu-satunya spesies yang mampu bertahan di darat untuk melindungi telurnya agar tetap hangat di tengah hebatnya musim dingin Antartika. Kok bisa sih? Penguin ini ternyata memiliki kerapatan bulu tertinggi di antara spesies-spesies burung lainnya, yaitu sekitar 100 bulu per inci persegi. Nah, kalau Penguin Kaisar adalah penguin terbesar, Little Blue Fairy Penguin (Penguin Biru/Penguin Peri) adalah penguin terkecil, yang memiliki tinggi sekitar 40 cm dan berat 1 kg saja. Mungil amat ya.

6. Dapat minum air garam

www.antarctica.gov.au

Fakta penguin yang satu ini bikin kita terus-terusan nelen ludah. Karena ternyata penguin dapat minum air garam. Mereka memiliki kelenjar supraorbitral yang dapat menyaring garam dari aliran darah sehingga mereka akan baik-baik saja ketika minum air laut dan makan berbagai makanan laut seperti ikan, cumi-cumi, dan krustasea. Jadi walaupun kebanyakan asin-asin, penguin itu nggak bakal kenal darah tinggi seperti manusia. Salah satu bentuk pembuangan garam dari tubuh mereka adalah dengan bersin. Ih, lucu banget pasti kalau penguin bersin.

7. Tidak takut dengan manusia

www.treehugger.com

Penguin tidak memiliki musuh atau predator di daratan. Itulah sebabnya penguin tidak takut jika ada orang yang mendekatinya. Wah, jadi pingin ke negara-negara yang terdapat habitat penguin nggak sih? Asik tuh sepertinya jika bisa main-main sama mereka. Tapi yang ada nanti pasti malah jadi pingin ngambil satu buat dibawa pulang, saking gemesnya. Wah, bahaya juga ya. Lihat doang sih boleh-boleh aja, tapi jangan ambil, ya.

 

Nah, setelah tahu fakta penguin di atas, jadi makin suka penguin nggak? Memang salah satu hewan idola banget nih penguin. Nggak cuma penampakannya aja yang lucu, tapi ternyata ada berbagai fakta penguin yang juga keren. Nggak heran kalau banyak yang suka! Kamu termasuk nggak?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Duh, Bahaya Banget! Ini Nih 7 Dampak Buruk dari Kebanyakan Makan Jeroan!

Duh, Bahaya Banget! Ini Nih 7 Dampak Buruk dari Kebanyakan Makan Jeroan!

Ternyata Ini Lho Alasannya Ada Bulu Halus yang Tumbuh di Bokong Kita!

Ternyata Ini Lho Alasannya Ada Bulu Halus yang Tumbuh di Bokong Kita!

Dari Tulang Keropos Sampai Tensi Naik, Inilah 6 Dampak Buruk dari Kebiasaan 'Mager'!

Dari Tulang Keropos Sampai Tensi Naik, Inilah 6 Dampak Buruk dari Kebiasaan 'Mager'!

7 Fakta Unik Tentang Semut Ini Mengejutkan Banget. Kamu Pasti Nggak Nyangka, Deh!

7 Fakta Unik Tentang Semut Ini Mengejutkan Banget. Kamu Pasti Nggak Nyangka, Deh!

Jangan Sembarangan Percaya, 5 Mitos Keperawanan Yang Sering Kamu Dengar Ini Menyesatkan, Lho!

Jangan Sembarangan Percaya, 5 Mitos Keperawanan Yang Sering Kamu Dengar Ini Menyesatkan, Lho!

Benarkah Gempa Bumi Besar Akan Terjadi Pada Tahun 2018 Akibat Rotasi Bumi Melambat?

Benarkah Gempa Bumi Besar Akan Terjadi Pada Tahun 2018 Akibat Rotasi Bumi Melambat?

loading