Disebut ‘Air Ajaib’ dan Ngehits Di Dunia Kecantikan, Sebenarnya Apa Sih Micellar Water?

16 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Tren di dunia kecantikan memang selalu ada-ada saja. Belakangan ini ada yang lagi ngehits banget, namanya Micellar Water. Apakah itu air bernama Micellar? Bentuknya sekilas memang hanya seperti air biasa. Tetapi katanya air ini bukan air biasa karena bisa membersihkan wajahmu dengan sekali usap tanpa dibilas sekaligus melembapkan kulit wajah. Terlebih, katanya jika dipakai secara rutin bisa bikin wajahmu flawless. Wow. Hebat sekali air ini. Memang apa sih sebenarnya Micellar Water ini? Apakah aman digunakan untuk semua jenis kulit?

1. Sejarah Micellar Water berasal dari Paris, Perancis di mana pada tahun 1900-an kualitas airnya sangat buruk sampai-sampai buat cuci muka aja bahaya

Coba bayangin gimana perasaanmu kalau mau cuci muka untuk membersihkan, eh malah tambah kotor mukanya? Sedih kan. Entah siapa yang menemukan, tapi yang jelas Micellar Water adalah alternatif terbaik untuk membersihkan wajah ketika nggak ada air bersih di sekitarmu.

2. Micellar Water terbuat dari partikel yang disebut micelles

Micelles, siapa lagi itu? Bukan siapa, tapi apa. Micelles adalah molekul minyak kecil yang ditahan dalam partikel air. Makanya tampilannya kayak air biasa aja kan? Nah ternyata air itu mengandung minyak. Minyak inilah yang bisa membersihkan wajahmu. Minyak baik yang bisa menarik minyak jahat sisa kosmetik dari wajahmu yang pakai make up seharian.

Tapi gimana caranya minyak dan air bisa bersatu menjadi micelles? Bukankah minyak dan air sangat berlawanan dan nggak bisa menyatu? Ternyata jawabannya terletak pada kandungan surfactant yang mampu melekatkan kedua molekul yang bertolakan tersebut. Surfactant sebenarnya merupakan sejenis pembersih atau 'deterjen'. Tapi kandungan surfactant dalam air ajaib ini tidak banyak sehingga tidak akan mengiritasi bagi kulit.

3. Masa bisa gabungan air dan minyak membersihkan kotoran di wajah?

Bisa dong. ‘Minyak baik’ tadi terbuat dari berbagai jenis minyak tumbuh-tumbuhan, tergantung produk dan hasil yang diharapkan. Tumbuhan yang sering digunakan misalnya zaitun, almond, dan bunga matahari untuk minyaknya lalu ditambah dengan ekstrak (biasanya teh hijau dan melati) serta tambahan vitamin C dan E.

4. Apa nggak malah menumpuk minyak di muka?

Nggak kok. Cara kerjanya, ketika Micellar Water dituangkan ke kapas lalu kita usapkan ke wajah, minyak pembersih ini menarik kotoran dari wajah tanpa membesarkan pori dan wajah kita setelah itu bukan hanya bersih, tapi juga lembap. Perbedaannya cukup kentara dibandingkan dengan pembersih wajah yang mengandung alkohol, yang biasanya bikin kulit kering karena nggak hanya menarik kotoran tetapi juga menarik kandungan minyak alami di kulit kita. Sementara itu, dari beberapa sumber disebutkan bahwa Micellar Water ini bikin wajahmu bersih, lembap dan glowing. Uh, impian banget nih.

5. Kamu bisa menggunakan Micellar Water untuk tiga hal berikut ini

Pertama, untuk membersihkan wajah ketika bangun tidur. Jangan lupa oleskan moisturizer setelahnya.

Kedua, untuk membersihkan make up. Jangan sekali-kali tidur (dan ketiduran) ketika make up masih nempel di muka. BIG NO! Tapi untuk foundation atau primer yang tebal dan maskara serta eye make up lainnya, kamu bisa menggunakan make up remover selain Micellar Water.

Ketiga, untuk touch up. Misalnya kamu lagi di acara penting yang berlangsung berjam-jam dan merasa udah nggak fresh lagi, tapi nggak mungkin mengulangi semua make up dari awal, dan ingin membenarkan make up di satu bagian wajah (contoh: mata). Kamu tinggal mengusapkan Micellar Water di atas kapas lalu diusap ke bagian yang ingin kamu touch up. Habis itu, tinggal dipoles lagi deh pakai bedak atau eye shadow atau tergantung bagian yang ingin kamu benarkan.

Untuk kamu yang kulitnya kering mungkin lebih menguntungkan ya kalau memakai Micellar Water ini. Tapi buat kamu yang punya kulit berminyak, jangan takut. Ada beberapa jenis Micellar Water dilihat dari kadar kandungan minyaknya kok. Jadi kamu pintar-pintar memilih saja, ya. Selain itu, meski Micellar Water ini kayaknya miracle banget, tapi tetap harus membersihkan dengan pembersih wajah biasa juga ya agar kulitmu benar-benar bersih dan nggak bermasalah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES