Dari Lumba-lumba Hingga Jerapah, Ternyata Perilaku Homoseksual Juga Dilakukan Sederet Binatang Ini!

Sumber Gambar

Seringkali kita mendengar ucapan "Hewan saja nggak ada yang begitu..." ketika muncul isu homoseksual pada manusia. Yakin, tidak ada hewan homoseksual? Kenyataannya, ada lho. Dan bukan hanya berasal dari satu atau dua spesies. Ada banyak. Perilaku homoseksual pada binatang tak mesti berupa penetrasi, melainkan segala aktivitas seksual seperti berciuman, bermesraan dan foreplay.

Awalnya, perilaku homoseksual pada binatang dianggap anomali sebelum akhirnya tahun 1999 Bruce Bagemihl menerbitkan buku berjudul Biological Exuberance yang mampu menjadikan topik homoseksualitas pada binatang ini mengemuka sebagai penelitian utama di dekade selanjutnya. Dihimpun dari berbagai sumber, inilah tujuh hewan dengan kecenderungan perilaku homoseksual. Siap-siap kaget!

1. Lumba-lumba, hewan kesayangan kita semua

dearstraightpeople.com

Janganlah kamu menonton sirkus lumba-lumba. Karena selain proses di baliknya yang menyakiti hewan itu dengan dibawa-bawa menggunakan truk hanya dengan tubuh diolesi mentega serta penyiksaan lainnya oleh pihak sirkus, lumba-lumba ternyata tak sepolos yang kita kira. Mamalia laut ini memiliki kecenderungan homoseksual. Beberapa lumba-lumba jantan menunjukkan perilaku homoseksual dengan menggosok-gosokkan moncongnya ke kelamin jantan lain (seks oral). Ada juga yang saling menggosokkan alat kelaminnnya sesama pejantan.

Tapi tidak hanya memiliki perilaku homoseksual, lumba-lumba bahkan terkenal juga kerap melakukan masturbasi dengan benda-benda disekitarnya dan perilaku seksual aneh lainnya. Duh, jadi nggak kelihatan polos lagi, ya!

2. Kera Bonobo (simpanse kerdil), pencari kesenangan seksual

www.pride.com

Kera yang satu ini kehidupan seksnya memang berbeda, bahkan dapat dikatakan unik. Sebab bagi kawanan kera Bonobo, seks berguna untuk menguatkan ikatan sosial. Perilaku homoseksual dijumpai baik pada Bonobo betina maupun jantan. Bahkan ada juga yang melakukan threesome dengan dua betina dan satu pejantan. Mereka bahkan cenderung menyelesaikan konflik dengan bercinta (adu penis sesama pejantan), bukan berperang. Benar-benar menerapkan istilah 'make love, not war' nih. Hingga saat ini para ilmuwan berasumsi bahwa kera Bonobo merupakan makhluk biseksual. Mereka akan berhubungan seks dengan lawan jenis ketika musim kawin. Tapi pada hari-hari biasa, mereka melakukan seks rekreasional.

3. Kera Macaque si wajah merah di Jepang

www.forbes.com

Banyak dijumpai di dataran tinggi di negeri sakura, kera yang suka tinggal di sekitar mata air panas ini ternyata juga berperilaku homoseksual. Perilaku homoseksual lebih banyak ditemukan pada kera betina. Bahkan ketika musim kawin para pejantan harus bersaing dengan pejantan lain dan juga para betina untuk mendapatkan pasangan. Meski demikian, perilaku homoseksual juga ditemukan pada kera pejantan. Bedanya, kera Macaque jantan biasanya akan langsung meninggalkan pasangan jantannya setelah satu malam. Seperti one night stand. Sedangkan pada betina biasanya lebih setia (betina dengan betina).

4. Burung albatros, kehidupan seksual yang rumit
ciberia.com.br

Burung yang pernah muncul dalam film kartun Nemo ini ternyata memiliki kehidupan yang rumit. Betina seringkali ditinggal para pejantannya setelah bertelur meski tak semuanya begitu. Ada jantan yang memiliki pasangan betina dan bertahan seumur hidup. Para betina yang ditinggalkan pejantannya sadar bahwa mengasuh anak bukan tugas satu individu saja, maka mengajak betina lain untuk mengasuh anak-anaknya bersama sekaligus juga melakukan hubungan seksual sesama jenis. Namun hal ini biasanya terjadi jika populasi burung Albatros betina dan jantan tidak seimbang. Biasanya burung Albatros memiliki satu pasangan saja seumur hidup.

5. Domba jantan lebih tertarik pada sesama pejantan meskipun banyak betina di sekitarnya
www.tuxboard.com

Tak jelas domba apa yang dimaksud di sini, namun yang jelas hal ini ditemukan pada domba-domba peliharaan. Pada tahun 1994, peneliti menemukan bahwa otak-otak pejantan ini bagian hypothalamus yang mengontrol pelepasan hormon seks lebih kecil dibandingkan hypothalamus domba heteroseksual.

6. Kumbang pejantan juga ditemukan homoseksual

www.independent.co.uk

Kasusnya, kumbang jantan menunggangi kumbang jantan lainnya dan mengeluarkan sperma di sana. Saat kumbang jantan kedua ini berhubungan seks dengan kumbang betina, sperma kumbang pertama akan masuk ke tubuh si betina. Pembuahan terjadi bahkan tanpa hubungan seks secara langsung.

7. Jerapah melakukan 'necking' sesama pejantan

www.africa-wildlife-detective.com

Siapa sangka, binatang yang sering kita tonton dalam acara-acara hewan liar di televisi ini juga punya 'keunikan' tersendiri. Pejantan bisa melakukan 'necking' atau menjilat-jilat leher pejantan lain hingga satu jam lamanya. Satu dari 20 jerapah jantan melakukan ini. Seram juga ya.

giphy.com

Meskipun demikian, hingga saat ini ilmuwan belum ada yang menyimpulkan apakah perilaku homoseksual pada binatang ini memang murni orientasi seksual atau perilaku merayakan kesenangan hubungan seksual dan memaksimalkan kemungkinan yang ada. Tapi yang jelas, mulai sekarang nggak ada lagi "hewan aja nggak homo....". Gitu ya?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Lulus Tes Kebohongan! Astronot Ini Bercerita Telah Bertemu Dengan Ufo Ketika Mendarat di Bulan

Lulus Tes Kebohongan! Astronot Ini Bercerita Telah Bertemu Dengan Ufo Ketika Mendarat di Bulan

Remaja India Meninggal Akibat Menggunakan Ponsel Saat Di-charge. Ternyata Bisa Bikin Meledak!

Remaja India Meninggal Akibat Menggunakan Ponsel Saat Di-charge. Ternyata Bisa Bikin Meledak!

Perempuan Ini Hidup Terisolasi Selama 13 Tahun Setelah Menyentuh Sebuah Kentang. Kok Bisa?

Perempuan Ini Hidup Terisolasi Selama 13 Tahun Setelah Menyentuh Sebuah Kentang. Kok Bisa?

Viral Berita Hoaks Uji Lab Kosmetik Berbahaya, Waspadai 5 Zat Bahaya Ini Dalam Kosmetikmu!

Viral Berita Hoaks Uji Lab Kosmetik Berbahaya, Waspadai 5 Zat Bahaya Ini Dalam Kosmetikmu!

Viral Video Anak Disuapi Kecebong Hidup Oleh Ibunya, Duh, Membahayakan Nyawa Nggak ya?

Viral Video Anak Disuapi Kecebong Hidup Oleh Ibunya, Duh, Membahayakan Nyawa Nggak ya?

Nggak Hanya Karena Kurang Tidur, 8 Hal Ini Juga Dapat Sebabkan Ngantuk Berlebih!

Nggak Hanya Karena Kurang Tidur, 8 Hal Ini Juga Dapat Sebabkan Ngantuk Berlebih!

loading