Dari Kawah Ijen Sampai Petir Abadi, Inilah 8 Fenomena Alam Langka yang Unik!

yukepo.com

Alam selalu memberikan kita pemandangan yang luar biasa, mulai yang indah, unik, aneh, bahkan sampai yang mengerikan. Pemandangan-pemandangan luar biasa tersebut beberapa di antaranya dapat kita jumpai melalui fenomena-fenomena alam yang nggak biasa. Bahkan ada juga yang sampai tidak bisa kita saksikan sendiri secara langsung karena saking langkanya. Penasaran fenomena alam luar biasa apa aja yang ada di dunia ini yang mungkin belum pernah kamu saksikan sendiri? Langsung aja yuk, kita simak bersama.

 

1. Awan bergulung di Uruguay

www.mnn.com

Awan bergumpal mungkin cukup sering kamu jumpai di langit biru, tapi kalau awan bergulung pernah belum nih? Wajar kalau kamu belum pernah ngeliat fenomena satu ini karena ternyata ini termasuk fenomena alam yang sangat langka. Awan bergulung sangat panjang yang paling viral adalah yang pernah terlihat di atas Pantai Las Olas, Maldonado, Uruguay, pada tahun 2009.

Awan bergulung tersebut terbentuk dari udara hangat lembap yang naik dan mendingin di bawah titik embunnya serta merata di sepanjang permukaan yang luas. Walaupun tampak seperti badai, awan bergulung tidak berpotensi untuk berubah menjadi tornado kok. Selain di Uruguay, awan bergulung juga pernah terjadi di Queensland, Wisconsin (AS), dan di kawasan Pantai Bahari, Sulawesi Barat.

2. Petir vulkanik yang terjadi ketika gunung berapi meletus

www.nationalgeographic.com

Selain menyemburkan magma, lava, debu vulkanik, dan partikel lainnya, gunung berapi yang sedang erupsi hebat biasanya juga disertai dengan petir vulkanik. Teori tentang terjadinya petir vulkanik sih cukup banyak. Salah satunya menyebutkan bahwa partikel-partikel berbeda muatan yang dikeluarkan waktu erupsi itulah yang menyebabkan petir vulkanik. Partikel bermassa positif dan negatif saling tabrakan sehingga mempertemukan aliran listrik berlawanan yang berujung pada terjadinya petir. Ngeri banget, tapi juga bikin takjub ya.

3. Petir abadi di Venezuela

viraltalks.com

Petir muncul sekali dua kali pas hujan aja sudah nakutin, apalagi kalau munculnya hampir sepanjang tahun. Weits, tapi itu beneran kejadian lho. Di Venezuela, terutama di daerah Sungai Catatumbo yang bertemu dengan Danau Maracaibo, petir terjadi hampir sepanjang tahun, yakni selama 140—160 malam dalam setahun dengan durasi sekitar 10 jam di setiap malamnya atau kalau ditotal ya sekitar 1,2 juta petir per tahunnya. Serem nggak tuh?

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa hal itu terjadi karena konfigurasi angin dan iklim tropis di sungai dan danau itu, beberapa lagi mengatakan karena faktor metana dan paduan antara topografi unik dan sirkulasi angin tertutup di wilayah tersebut. Penduduk sekitar pun sudah terbiasa dengan fenomena tahunan tersebut dan hanya menutup tirai/kerai setiap malam agar tak silau oleh kilat.

4. Sungai berair panas di Peru
www.mirror.co.uk

Di pedalaman Hutan Amazon, Peru, terdapat satu sungai yang unik, yaitu airnya panas, padahal letaknya sangat jauh dari gunung berapi. Sungai bernama Mayantuyacu yang memiliki kedalaman 6 m dan lebar 25 dengan panjang 4 mil ini memiliki air yang bersuhu tinggi, bahkan sampai mendidih. Bisa banget dipakai buat nyeduh kopi. Menurut salah satu peneliti ilmu bumi, Andres Ruzo,  air panas di Sungai Mayantuyacu kemungkinan disebabkan oleh panas bumi yang mengalir melalui retakan dan patahan bumi yang ada di wilayah sungai. Jangan macem-macem pokoknya kalau ke sungai ini, terpeleset sedikit aja bisa-bisa pulang sudah tinggal nama.

 

5. Lava biru di Indonesia
www.goodnewsfromindonesia.id

Lava ternyata nggak melulu berwarna merah kekuning-kuningan, ada juga yang berwarna biru. Kerennya lagi, lava biru tersebut ada di Indonesia, tepatnya di Kawah Ijen, Banyuwangi. Kawah Ijen ini jadi satu-satunya gunung berapi aktif yang tersisa di kompleks Kaldera Ijen. Gunung stratovolcano yang terakhir kali meletus pada tahun 1999 ini memiliki lava yang mengalir dengan nyala biru terang.

Warna biru ternyata disebabkan oleh tingginya tekanan saat pelepasan gas dari  retakan gunung berapi, dengan suhu sampai 600 derajat Celsius. Walaupun api biru pernah terjadi di Gunung Dallol, Ethiopia, dan pada saat kebakaran di Hutan Nasional Yellowstone, AS, fenomena tersebut kabarnya tidak seindah lava biru di Kawah Ijen. Wah, jadi pingin ke Kawah Ijen nih, apalagi kalau belum pernah.

6. Green flash (cahaya hijau) yang muncul sesaat sebelum matahari tenggelam

www.popsci.com

Pernah nggak kamu melihat fenomena alam green flash (cahaya hijau) ketika mantengin matahari tenggelam? Sangat beruntunglah kamu jika pernah melihatnya karena momen ini sangat sulit untuk bisa dijumpai setiap hari dan oleh setiap orang. Gimana nggak sulit coba untuk bisa melihatnya karena cahaya hijau yang muncul di ujung matahari ini terjadi sesaat banget sebelum matahari tenggelam dengan durasi satu sampai dua detik saja.

Fenomena satu ini juga hanya terlihat jika cahaya biru yang dimiliki spektrum matahari tidak berintensitas tinggi dari sudut pandang pengamatnya, belum lagi pengaruh kondisi atmosfer, kelembapan, dan polusi di lingkungan pengamat. Jadi, walaupun green flash bisa saja terjadi setiap hari, tetap saja sulit kan untuk bisa melihatnya? Kalau langit cerah, kayanya harus di pantai nih setiap menjelang sunset biar sekali-kali bisa melihat green flash, hmm.

7. Gua Mother Shipton di Inggris

www.douk.com

Gua Mother Shipton di North Yorkshire, Inggris, ini  memiliki fenomena unik sekaligus misterius. Kalau kamu menggantung barang di dinding gua ini, bukan sulap bukan sihir, barang yang kamu gantung itu dalam waktu 3—5 bulan akan berubah menjadi batu.  Menurut legendanya, di gua tersebut dulu terlahir anak perempuan yang kemudian dikenal sebagai Mother Shipton, wanita dengan perawakan aneh dan konon juga disebut sebagai penyihir.

Di dalam gua tersebut juga terdapat sumur yang konon dikutuk oleh iblis sehingga airnya dapat mengubah apa pun menjadi batu. Terlepas dari legendanya, rembesan air dari dinding gua yang menetes memang dapat mengubah apa pun menjadi batu. Oleh karena hal itu, ada-ada saja pengunjung dan masyarakat yang menaruh atau menggantung barang seperti boneka dan topeng agar perlahan menjadi batu.

8. Taman bawah air di Austria

www.amusingplanet.com

Taman di sekitar Danau Green Lake yang terletak di kaki Pegunungan Hochschwab, Austria, ini memang seperti taman lainnya yang berfungsi sebagai tempat santai dan istirahat, tapi bedanya, taman ini akan hilang pada waktu musim panas. Kok bisa? Oleh karena terletak di kaki pegunungan yang bersalju, salju dari Pegunungan Hoschschwab yang mencair dan debit air Danau Green Lake yang meningkat pesat di setiap musim panas membuat taman tenggelam, bahkan sampai bisa dimanfaatkan untuk menyelam (diving).

Jadi setiap musim panas, taman asri di sekitar danau Green Lake ini jadi taman bawah air. Buat kamu yang ingin diving dengan pemandangan yang nggak biasa, bisa deh kapan-kapan datang ke taman ini ketika musim panas. Kamu akan melihat indahnya rerumputan, bangku-bangku taman, pepohonan, dan jalan-jalan setapak yang tenggelam di tengah jernihnya air. Keren!

Luar biasa semua kan 8 fenomena alam di atas. Alam memang selalu bisa ya bikin manusia berdecak kagum. Kebesaran Tuhan memang nggak pernah berhenti bikin takjub deh. Jadi, fenomena alam unik apa nih yang ada di dekatmu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dilakukan oleh Hewan hingga Janin, Inilah 7 Fakta Menguap yang Harus Kamu Tahu!

Dilakukan oleh Hewan hingga Janin, Inilah 7 Fakta Menguap yang Harus Kamu Tahu!

Sedih, Bayi Ini Lahir Dengan Dua Penis, Salah Satunya Di Punggung. Kok Bisa?

Sedih, Bayi Ini Lahir Dengan Dua Penis, Salah Satunya Di Punggung. Kok Bisa?

Heboh Broadcast Ulat Api Mengerikan, Pembunuh Manusia Dalam 4 Jam. Benar Nggak Sih?

Heboh Broadcast Ulat Api Mengerikan, Pembunuh Manusia Dalam 4 Jam. Benar Nggak Sih?

Mitos Tentang Air Kencing Baik buat Kesehatan. Ada yang Berani Coba dan Buktikan?

Mitos Tentang Air Kencing Baik buat Kesehatan. Ada yang Berani Coba dan Buktikan?

Suka Bicara Tidak Jelas dan Berperilaku Seperti Anak Kecil, Apakah Trump Mengidap Demensia?

Suka Bicara Tidak Jelas dan Berperilaku Seperti Anak Kecil, Apakah Trump Mengidap Demensia?

Ada Bahaya yang Mengintai Di Balik Kecantikan Pohon Natal. Hati-hati, Bisa Berabe!

Ada Bahaya yang Mengintai Di Balik Kecantikan Pohon Natal. Hati-hati, Bisa Berabe!

loading