Dari Ginjal Sampai Lambung, Manusia Ternyata Bisa Hidup Tanpa 7 Organ Tubuh Ini!

22 Januari 2018
|Lulu Lukyani
0SHARES

Tubuh manusia dapat diibaratkan sebuah mesin yang dirancang dengan unik, terdiri dari berbagai sistem biologi dan diatur oleh organ-organ dalam tubuh. Meskipun demikian, ternyata ada beberapa organ dalam tubuh manusia yang walaupun memiliki fungsi penting, manusia tetap dapat hidup tanpa organ-organ tersebut. Kok bisa ya? Daripada bingung, mending cari tau aja yuk organ-organ tubuh apa saja sih yang tanpanya manusia tetap bisa hidup? Dilansir dari Science Alert, inilah 7 organ tubuh yang tanpa mereka manusia bisa tetap hidup!

1. Ginjal

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit tubuh. Biasanya, orang terlahir dengan dua ginjal, tetapi karena kondisi kesehatan tertentu; rusak akibat alkohol, obat, atau infeksi, salah satu ginjal atau keduanya harus diangkat. Meskipun demikian, manusia bisa tetap hidup hanya dengan satu ginjal bahkan tanpa ginjal sekalipun dengan bantuan dialysis. 

2. Usus buntu

Fungsi dari usus buntu ini masih menjadi perdebatan. Beberapa peneliti beranggapan bahwa usus buntu tidak memiliki fungsi, tapi ada juga yang berpendapat fungsi usus buntu adalah sebagai wadah tempat bakteri baik. Kalian pasti sudah sering mendengar operasi pengangkatan usus buntu yang biasanya disebabkan peradangan ketika ada makanan yang masuk ke usus buntu. Biasanya, mereka yang mengalami pengangkatan usus buntu tidak mengalami perbedaan atau perubahan dalam tubuh.

3. Kantong empedu

Kantong empedu menyimpan cairan empedu yang digunakan untuk pencernaan lemak. Cairan empedu inilah yang diproduksi oleh hati. Ketika ada endapan atau batu dalam kantong empedu, organ tersebut harus diangkat. Pengangkatan kantong empedu ini tidak terlalu berpengaruh pada tubuh karena hati tetap bisa memproduksi cairan empedu.

 

4. Usus besar

Usus besar merupakan tempat terakhir bagi makanan sebelum dibuang sebagai kotoran. Ketika ada infeksi menyerang, terkadang bagian usus besar harus diangkat. Kebanyakan orang yang mengalami pengangkatan usus besar akan pulih seutuhnya, namun mengalami perubahan dalam pola buang air besarnya.

 

5. Limpa

Limpa berfungsi menyimpan dan mendaur ulang sel darah merah dan sel darah putih. Kebanyakan fungsi limpa juga dilakukan oleh organ hati, sehingga ketika limpa mengalami cedera dan harus diangkat, tubuh tidak mengalami sesuatu yang berbahaya.

6. Lambung

Lambung mempunyai empat fungsi, yakni mencerna makanan secara mekanis, mencerna makanan secara kimiawi, menyerap nutrisi makanan, dan melakukan sekresi. Ketika lambung mengalami infeksi, biasanya lambung harus diangkat agar tidak semakin berbahaya. Sebagai pengganti lambung, dokter akan membuat saluran langsung ke usus halus, sehingga tidak berbahaya untuk tubuh.

7. Organ reproduksi

Organ reproduksi seperti ovarium pada wanita dan testis pada pria mempunyai dua bagian. Jika hanya terdapat salah satu bagian, manusia tetap bisa memiliki anak. Bahkan ketika keduanya harus diangkat karena penyakit tertentu, tidak mengakibatkan bahaya untuk tubuh. Hanya saja manusia jadi tidak dapat melakukan fungsi reproduksinya.

 

Itu dia guys! 7 organ tubuh yang tanpanya manusia bisa tetap hidup, meski dengan berbagai penyesuaian. Walaupun demikian, kita harus tetap menjaga kesehatan setiap organ tubuh kita ya, karena setiap organ tetap memiliki fungsi penting dan merupakan pemberian Tuhan untuk kita yang harus kita jaga.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES