Dari Beras Plastik Sampai Telur Palsu, Ini 8 Hoaks Makanan yang Bikin Kita Bego!

www.yukepo.com

Buka grup Whatsapp, ada pesan heboh ‘Info Dari Grup Sebelah! Makanan X mengandung babi! Info telah dikonfirmasi dari penelitian. Waspada! SEBARKAN KE TEMAN TERDEKATMU!’ Familiar dengan hal seperti ini? Yup, Indonesia ini memang ada-ada saja. Hoaks makanan dan kesehatan banyak banget yang beredar dan nahasnya dipercaya. Bikin bingung kan, mau makan aja susah. Berikut 8 hoaks makanan paling meresahkan yang pernah beredar di tanah air. Yuk, simak!

1. Garam dapur mengandung pecahan kaca

med.tert.am

Kalau  hoaks makanan yang satu ini beneran, gila aja. Kita setiap hari mengonsumsi garam sebagai bumbu dalam masakan. Kalau mengandung kaca, luka dong lidah dan mulut serta organ pencernaan kita? Untungnya ini hanya hoaks. BPOM menyatakan bahwa proses pembuatan garam mencakup kristalisasi NaCl yang ketika dipecahkan memang menyerupai kaca. Jadi, bentuk garam memang begitu ya. Jangan takut.

2. Beras plastik

bisnis.liputan6.com

Nah kalau hoaks makanan ini awalnya dari video nasi yang bisa dikepal dan membal seperti bola. Orang-orang pun mengira beras tersebut palsu dan terbuat dari plastik. Hoaks ini juga telah diklarifikasi oleh BPOM. Tekstur nasi dipengaruhi oleh penyusun pati dalam butir beras, yaitu amilosa dan amilopektin. Kadar amilopektin yang tinggi membuat beras jadi semakin pulen. Nah pulen ini yang disalahartikan jadi nasi plastik. Duh, jangan sembarangan menarik kesimpulan ya guys.

3. Bahaya mi instan

www.kaskus.co.id

Apa lagi kalau bukan karena Monosodium Glutamat (MSG) yang katanya bikin bego? Yang disalahin kalau nggak mie instan ya micin. Padahal penguat rasa seperti itu nggak masalah dikonsumsi setiap hari asalkan dalam jumlah wajar. Karena tubuh pun memang membutuhkan MSG. Kecuali untuk orang yang alergi terhadap MSG, nggak perlu ya pakai penguat rasa tambahan.

4. Gorengan lilin dan plastik
blog.plater.id

Tampilan gorengan yang kuning keemasan menggoda bikin banyak orang curiga kalau minyak yang digunakan untuk menggoreng telah dicelup plastik atau lilin. Hal ini juga diperkuat dengan video orang yang membakar gorengan, dan gorengannya menyala. Padahal, kalau digorengnya pakai lilin, pasti setelah diangkat lilinnya mengeras lagi. Selain itu, sebenarnya makanan yang minim kandungan airnya memang bisa mudah terbakar. Jadi, jangan percaya pada hoaks makanan ini ya!

5. Permen narkoba
hargo.co.id

Dari yang berbentuk dot sampai permen berbentuk jari, banyak yang diduga mengandung narkoba. Tentu saja para orangtua cemas. Bayangkan saja, anak-anak mengonsumsi narkoba dari sumber yang mudah didapatkan di warung-warung. BPOM kemudian menguji beberapa sampel permen dari seluruh Indonesia dan hasilnya, negatif bahwa permen tersebut mengandung narkoba.

6. Makanan kaleng mengandung darah penderita HIV/AIDS

www.konfrontasi.com

Belum lama ini beredar kabar bahwa makanan kaleng dari Thailand mengandung darah pengidap HIV/AIDS yang berasal dari buruh pabrik makanan kalengan tersebut di sana. Lah, pertanyaannya adalah, ngapain juga sengaja masukin darah sendiri (harus melukai diri sendiri dulu)? Orang-orang jadi takut mengonsumsi makanan, terutama buah-buahan kaleng yang banyak berasal dari negeri gajah putih tersebut. BPOM telah melalui evaluasi pre-market dan tidak menemukan darah seperti yang menyebar melalui grup Whatsapp tersebut. Selain itu, virus HIV/AIDS juga tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh inang. Masih mau kemakan hoaks makanan macam begini?

7. Biskuit dan beberapa makanan mengandung plastik dan lilin

kaltara.prokal.co

Mirip-mirip dengan gorengan tadi, ada juga video yang beredar menunjukkan beberapa makanan yang dapat dibakar. Lagi, memang makanan yang mengandung sangat sedikit air bisa dibakar. Bukan berarti makanan tersebut mengandung plastik dan lilin.

8. Telur palsu

www.grid.id

Akhir-akhir ini juga beredar kabar bahwa telur palsu dijual di pasar. Padahal biaya membuat telur palsu pasti jauh lebih mahal dibandingkan dengan telur asli. Hoaks makanan yang satu ini dianggap berbahaya karena bisa membuat masyarakat enggan mengonsumsi telur padahal telur merupakan salah satu makanan bergizi.

Jadi lain kali kalau ada pesan broadcast tentang apa saja, termasuk makanan, bahkan yang disertai link video, jangan langsung percaya. Konfirmasikan ke BPOM terdekat atau pihak lainnya yang berwenang. Jangan jadi bego karena termakan hoaks makanan yang aneh-aneh ini ya.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Saran Outfit Ala Ariel Tatum untuk Samarkan Dada Besar - Keepodotme

Saran Outfit Ala Ariel Tatum untuk Samarkan Dada Besar - Keepodotme

Ngalahin Ronaldo dan Messi, Pesepakbola Ini Jadi Super Tajir Karena Levulinic Acid. Apaan tuh?

Ngalahin Ronaldo dan Messi, Pesepakbola Ini Jadi Super Tajir Karena Levulinic Acid. Apaan tuh?

Benarkah pada Tahun 2035 Manusia Bisa Bertelportasi? - Keepodotme

Benarkah pada Tahun 2035 Manusia Bisa Bertelportasi? - Keepodotme

Berfoto Manja dan Memuji Aksi Hitler di Monumen Peringatan Holocaust, Syahrini Kurang Empati?

Berfoto Manja dan Memuji Aksi Hitler di Monumen Peringatan Holocaust, Syahrini Kurang Empati?

Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Masih Punya Rasa Cinta, 7 Pasangan Artis Ini Rujuk Kembali Setelah Bercerai - Keepodotme

Dahlan Iskan Terkena Aortic Dissection! Duh, Penyakit Apa Sih Itu? Berbahaya Nggak ya?

Dahlan Iskan Terkena Aortic Dissection! Duh, Penyakit Apa Sih Itu? Berbahaya Nggak ya?

loading