Cegukan Bisa Menambah Tinggi Badan? Inilah Mitos-mitos Seputar Cegukan

13 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Cegukan bisa menjadi hal menyebalkan bagi sebagain orang. Apalagi kalau kita sedang di tempat umum dan mengalami hal ini tanpa henti. Suaranya yang keras tanpa bisa ditahan menjadi perhatian semua orang. Berbagai cara dilakukan untuk menghentikannya. Mulai dari tahan napas, menepuk-nepuk dada, bahkan sampai minta dikageti oleh teman. Tapi tidak ada cara yang berhasil menghentikannya.

Saat kecil, kita juga sering cegukan dan dibiarkan begitu saja karena katanya bisa menambah tinggi badan kita. Tak habis pikir kita pun mempercayai hal tersebut walau hal itu sebenarnya hanya mitos. Ternyata banyak juga mitos seputar cegukan, apa saja ya? Simak yuk!

1. Cegukan bisa tambah tinggi

Katanya kalau kita cegukan, otot dan tulang kita menjadi ikut tertarik ke atas dan dapat menambah tinggi. Hal itu salah besar karena tidak ada hubungannya sama sekali dengan pertumbuhan.

2. Jadi tanda bahaya

Jika kamu akan melakukan perjalanan dan tiba-tiba mengalami hal ini, katanya itu menunjukkan tanda bahaya. Kamu pun harus menunda perjalanan beberapa saat. Kalau ini sih jelas tidak ada hubunganya. Tergantung keyakinan kita saja.

3. Ada yang lagi kangen

Kalau terjadi di malam hari berarti ada yang kangen dengan kita. Jangan baper dengan mitos ini, ya. Coba buktikan saat kamu kangen seseorang, coba kamu cek dia cegukan atau tidak. Hehe..

4. Tanda keberuntungan

Kalau terjadi di pagi hari, ada yang bilang kita akan mendapat keberuntungan. Tapi kalau terjadi di tempat yang salah, misal di tempat umum, itu bisa jadi hal sial yang memalukan.

 

 

 

5. Tanda ada yang terlupa

Saat kita makan dan tiba-tiba mengalami gangguan pernafasan ini, berarti kita melupakan suatu hal yang penting. Katanya sih kita lupa berdoa atau ada keluarga yang kita lupakan keberadaannya.

 

 

 

6. Bisa menular

Rasanya tidak mungkin, karena hal ini bukanlah virus. Melainkan sebuah reaksi alami tubuh kita saja.

 

 

 

 

7. Dapat berhenti kalau dikagetkan

Pernah ada yang mencoba cara ini? Katanya sih cara ini lumayan ampuh untuk menghentikannya. Tapi sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiahnya.

Cegukan sebenarnya adalah respon tubuh akibat menutupnya pita suara secara tiba-tiba karena kontraksi otot yang secara tiba-tiba pula. Tidak ada hubungannya dengan tambah tinggi atau mitos lainnya. Namun, jika kamu mengalami cegukan terus-menerus periksakannlah ke dokter karena bisa saja tanda suatu penyakit.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES