Bulan Merah Jambu dan 4 Fenomena Ini Akan Mewarnai Langit Sebulan Penuh. April Istimewa!

08 April 2018
|Chandra W.
0SHARES

Pecinta langit dan pecinta malam, persiapkan dirimu. Bulan April 2018 ini, akan ada beberapa fenomena langit menarik yang pasti akan membuat malam-malammu lebih indah. Jangan sampai ketiduran ya. Ada bulan merah jambu juga lho. Kalau bulan biru atau bulan merah kan sudah kamu saksikan pada Januari lalu. Sekarang saatnya menyaksikan lima fenomena menarik ini nih. Catat tanggalnya ya!

1. Hujan meteor Lyrid tanggal 16-25 April

Puncaknya tanggal 22-23 April 2018 di mana akan terlihat sekitar 20 meteor per jam. Hujan meteor ini berasal dari debu komet C/1861 G1 Thatcher yang ditemukan pada tahun 1861 dan muncul dari rasi bintang Lyra.

2. Melihat Stasiun Luar Angkasa meluncur di langit

Pernahkah kamu penasaran dengan bentuk Stasiun Angkasa Luar Internasional atau International Space Station (ISS)? Tidak puas hanya melihatnya di internet? Saksikan ISS meluncur di langit bulan ini, April 2018 karena pada malam hari ISS dapat menangkap dan memantulkan cahaya matahari sehingga dapat terlihat sangat terang dan bergerak amat cepat. Kunjungi situs Spot The Station milik NASA untuk mengetahui dari mana saja ISS bisa dilihat dan waktu yang tepat untuk menyaksikannya.

3. Bulan Merah Jambu atau Pink Moon 30 April 2018

Jangan kecewa. Bulan tidak akan muncul dengan warna merah jambu. Sebenarnya ini hanya sebutan yang dipakai di Amerika Utara untuk menyebut bulan purnama karena bertepatan dengan mekarnya salah satu bunga liar bernama phlox yang berwarna merah muda. Ada juga yang mengatakan penamaan ini berasal dari suku pribumi Amerika Latin untuk menandai munculnya lumut merah muda pada musim semi pertama. Selain Pink Moon, juga ada sebutan Egg Moon dan Fish Moon. Karena bulan purnama terjadi setiap satu bulan sekali, orang-orang pada zaman dahulu menamainya berbeda setiap bulan, untuk menghitung waktu.

4. Melihat planet Merkurius dengan mata telanjang 29 April 2018

Pagi hari tepat sebelum matahari terbit, tengoklah langit timur dan temukan sebuah planet yang terlihat cukup rendah dari cakrawala. Planet Merkurius berada pada titik tertinggi cakrawala langit pagi sehingga bisa dilihat oleh kita di Bumi.

5. Bulan baru, fase bulan pertama pada tanggal 16 April 2018

Bulan mungkin justru tidak akan terlihat pada fase ini, namun gugus bintang, galaksi dan benda-benda angkasa lainnya akan terlihat lebih terang dan mudah diamati dibandingkan dengan waktu biasanya. Bulan baru adalah fase bulan pertama ketika Bulan kurang lebih berada dalam satu garis lurus di antara Matahari dan Bumi.

Bagaimana? Sudah siap menyaksikan keajaiban di langit selama bulan April 2018 ini? Bekali dirimu dengan informasi dan pengetahuan, lalu saksikan fenomena-fenomena ajaib ini, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES