Bukan yang Jago Matematika, Inilah 8 Ciri Umum Orang yang Cerdas Menurut Penelitian

medium.com

Selama ini mungkin kita dipusingkan dengan anggapan orang yang cerdas adalah mereka yang sering jadi juara kelas, jago matematika, atau yang gelar pendidikannya sebarek-abrek. Nggak salah juga sih, bisa jadi memang seperti itu. Tapi sebenarnya, orang yang cerdas nggak melulu seperti itu kok. Kalau nggak percaya, simak deh 8 ciri umum orang yang cerdas yang telah dibuktikan oleh penelitian psikologi berikut ini.

1. Mudah beradaptasi

www.signature-reads.com

Menurut penelitian Robert J. Sternberg pada April 2017 lalu, orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi merupakan orang yang bisa mengatur dirinya dalam rangka menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda-beda secara efektif. Bahkan nggak heran kalau orang yang cerdas justru membawa perubahan positif bagi lingkungannya tersebut.

2. Paham seberapa banyak yang ia nggak tahu

imgur.com

Orang yang cerdas bukanlah orang yang serba tahu segalanya. Justru orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi nggak malu mengakui dan mengatakan “Aku nggak tahu” atau setidaknya ia bertanya karena memang nggak paham. Penelitian dari Justin Kruger dan David Dunning menemukan bahwa semakin rendah inteligensi seseorang, maka semakin mengira bahwa ia adalah yang paling tahu. Intinya, orang yang banyak tahu bukanlah yang sok tahu ya.

3. Rasa penasaran yang nggak pernah puas

imgur.com

Karena orang yang cerdas paham bahwa ada banyak hal yang belum ia ketahui di dunia ini, maka ia pun haus akan ilmu dan pengetahuan. Einstein pernah mengatakan bahwa ia sebenarnya nggak punya talenta spesial, ia hanya punya rasa penasaran yang kuat. Semakin penasaran, artinya semakin banyak yang ingin diketahui. Itulah mengapa orang yang cerdas nggak pernah berhenti belajar.

4. Berpikiran terbuka

www.shutterstock.com

Sebenarnya orang yang cerdas bukanlah orang yang hanya berhenti pada satu ide atau kesempatan. Ia akan selalu meluaskan pandangannya dengan mendengarkan pendapat orang lain dan melihat segala alternatif solusi. Bisa dibilang, orang yang cerdas bukan orang yang ngotot dank keras kepala. Segalanya dipertimbangkan secara adil dan nggak pernah tutup kuping terhadap masukan dari orang lain.

5. Cenderung individualis

studywatches.com

Sebuah penelitian dari Norman P. Li dan Satoshi Kanazawa mengungkapkan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi cenderung individualis. Artinya, ia nggak begitu enjoy bersosialisasi dengan teman-teman secara sering. Dengan kata lain, bukan berarti orang yang cerdas temannya nggak banyak tapi ia nggak suka kalau waktunya dihabiskan dengan nongkrong sering-sering atau melihat aktivitas sosial media teman-temannya.

6. Punya kontrol terhadap diri

degrassi.wikia.com

Kontrol terhadap diri artinya nggak gampang impulsif. Orang yang cerdas memiliki perencanaan yang matang dan bisa memanajemen dirinya agar nggak gampang ‘terbawa arus’. Penelitian dari Noah A. Samosh dan kawan-kawan membuktikan bahwa ada lho hubungan antara kontrol diri dengan inteligensi. Mereka juga menyatakan bahwa orang yang cerdas, bagian prefrontal cortex otaknya sangat aktif memikirkan pemecahan masalah dan mengontrol dirinya demi mencapai tujuan.

7. Humoris

www.drodd.com

Percaya nggak kalau orang yang humoris itu adalah orang yang cerdas? Beberapa penelitian pernah membuktikan bahwa orang yang humoris adalah orang yang memiliki inteligensi verbal yang sangat baik. Salah satunya adalah penelitian dari Gil Greengross dan Geoffrey Miller yang menyebutkan bahwa orang yang punya selera humor yang bagus cenderung merupakan orang yang kreatif dan bisa menuntun pada kesuksesan dalam hubungan lho. Nggak heran kalau para komedian juga punya inteligensi yang tinggi.

8. Sensitif terhadap emosi orang lain

amotherfarfromhome.com

Perlu diketahui bahwa ada yang namanya kecerdasan emosional. Artinya, orang yang cerdas nggak melulu tentang pintar secara inteligensi tapi juga secara emosional. Ia bisa meregulasi emosinya dengan baik dan juga peka terhadap apa yang dirasakan orang lain. Selain itu, orang yang cerdas secara emosi juga senang berinteraksi dengan orang baru dan mempelajari orang tersebut.

Nah, begitulah ciri umum orang-orang yang memiliki inteligensi atau kecerdasan yang tinggi. Nggak hanya IQ tapi juga harus mampu menempatkan diri, nggak menganggap kepintarannya sebagai hal yang bisa merendahkan orang lain, serta mampu berpikiran positif baik bagi diri sendiri dan orang lain. Keren banget ya ternyata jadi orang yang cerdas!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ulat Pengurai Plastik, Solusi Unik Bagi Persoalan Limbah Dunia

Ulat Pengurai Plastik, Solusi Unik Bagi Persoalan Limbah Dunia

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Figdet Spinner, Mainan Hits Anak Muda Ini Ternyata Awalnya Untuk Terapi Lho

Figdet Spinner, Mainan Hits Anak Muda Ini Ternyata Awalnya Untuk Terapi Lho

loading