Bukan Tentang Selfie, Inilah Ciri Orang dengan Narsistik yang Merupakan Gangguan Kepribadian

29 Juni 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mendengar kata narsis, umumnya orang-orang akan mengasosiasikan dengan kegemaran berfoto selfie atau terlihat sangat aktif mengunggah kehidupan pribadinya di sosial media. Padahal, narsis nggak hanya tentang itu. Perlu diluruskan, bahwa sebenarnya narsis merupakan sikap seseorang yang merujuk pada kecenderungan egoistik di mana selalu mementingkan dirinya sendiri dan menganggap rendah orang lain. Maksudnya, orang yang narsis menjadikan dirinya sebagai pusat kendali orang-orang di sekitarnya. Nah, sejauh ini narsistik udah dikategorikan sebagai salah satu gangguan kepribadian. Lalu, apa aja ya ciri dari orang yang narsis?

Ciri pertama orang dengan narsistik adalah nggak suka banget kalau dikritik. Mereka akan kesal dengan evaluasi negatif orang lain terhadap mereka. Ketika dikritik, mereka nggak hanya kesal tapi juga tiba-tiba ganti topik obrolan hingga marah besar. Nah, sebenarnya ini terkait juga dengan ciri kedua di mana orang dengan narsistik cenderung miliki self-esteem yang rendah. Mereka aja nggak yakin sama kemampuan diri sendiri, tapi sekalinya dikritik bukannya dijadikan pelajaran tapi justru dianggap sebagai hal yang menjatuhkan harga dirinya.

Ciri yang ketiga adalah merasa paling benar dan nggak akan selalu nyari pembenaran. Misalnya ketika dikritik, mereka nggak menerima itu dan memberikan alasan-alasan pembenaran bahwa sebenarnya mereka nggak seperti yang orang lain pikirkan. Atau yang paling kelihatan adalah susahnya mengakui kesalahan dan meminta maaf meski udah terbukti salah. Dan nggak hanya keras kepala, ciri keempat adalah ketika ada yang berbeda pendapat dengan mereka, maka akan dilawan dengan kemarahan atau ngamuk-ngamuk. Ciri inilah yang paling dekat dengan ciri gangguan kepribadian narsistik.

Ciri yang kelima adalah sering menganggap orang lain memiliki sifat yang buruk, padahal sifat buruk tersebut nyatanya ada di dalam diri mereka sendiri. Misalnya nih, mereka sering menyalahkan orang lain karena menganggap orang lain tersebut malas bekerja. Padahal di dalam diri mereka yang sebenarnya, merekalah yang malas. Hal ini dilakukan untuk menutupi kekurangan yang ada di diri mereka sendiri. Berhubungan juga nih dengan ciri yang keenam, di mana orang dengan narsistik sering memanfaatkan orang lain demi keuntungan pribadinya. Mereka memiliki sifat egois di level tertinggi dengan lebih dulu mengutamakan diri sendiri jauh di atas kepentingan bersama.

 

Nah, begitulah ciri orang yang narsis atau disebut juga orang dengan narsistik. Menyebalkan ya? Biasanya orang dengan gangguan kepribadian kayak gini memang nggak mudah dikasih tahu dan diarahkan. Tapi pasti ada cara tersendiri untuk bisa menghadapi orang-orang seperti ini. Jadi, jangan salah lagi ya tentang narsis!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES