Bukan Sulap Bukan Sihir, Kini Ada Jenis Pisang yang Kulitnya Bisa Dimakan, Lho!

05 Maret 2018
|Lulu Lukyani
0SHARES

Pisang termasuk salah satu buah tropis yang sangat banyak digemari orang. Terbukti buah yang sebagian besar berkulit kuning ini banyak dijadikan sebagai bahan dasar makanan olahan. Seperti keripik pisang, kue pisang, kolak, es krim, dan lain-lain. Dimakan langsung enak, dibikin jadi makanan olahan juga enak. Tapi yang paling sehat tentunya pisang yang dimakan langsung ketika masih berbentuk buah karena belum mendapat campuran apapun dari bahan-bahan lainnya.

Nah, buat kalian para pecinta pisang, udah tau belum nih kalau sekarang ada jenis pisang yang kulitnya juga bisa dimakan? Pisang jenis baru ini baru saja dikembangkan oleh para ilmuwan asal Jepang. Gimana ya rasa kulit pisang? Terus gimana sih penjelasan ilmiah tentang pisang yang kulitnya bisa dimakan ini? Mau tau? Yuk, langsung aja kepoin ulasan tentang pisang dengan kulit yang bisa dimakan berikut ini!

1. Dikembangkan oleh para petani di Jepang

Baru-baru ini para petani di Jepang mengembangkan jenis pisang baru yang bisa disantap sekaligus dengan kulitnya. Adalah Mongee, jenis pisang baru yang dikembangkan dengan teknik pembekuan yang inovatif. Jenis pisang baru ini pertama kali dikembangkan oleh Setzuko Tanaka, manajer pengembangan teknologi di D&T Farm, Prefektur Okayama, wilayah barat Jepang.

2. Menggunakan teknik pembekuan di zaman es

Pisang mongee ditanam dengan teknik freeze thaw awakening yang bebas pestisida. Teknik ini meniru proses pembekuan di zaman es, yakni menempatkan pisang dalam suhu ekstrim sekitar minus 60 derajat celicus. Suhu dingin yang ekstrim ini dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan buah dan menghemat waktu pertumbuhan hingga dua tahun.

3. Rasa lebih manis dan kulit bisa disantap

Secara umum pisang mongee ini tidak berbeda dengan pisang yang ditanam secara konvensional, namun pisang mongee mempunyai rasa yang lebih manis dan kulitnya bisa disantap secara aman. "Motivasi kami mengembangkan pisang ini adalah keinginan mendapatkan pisang yang nikmat dan aman untuk dimakan. Kulit pisang ini sangat aman dimakan karena ditanam tanpa bahan kimia" ujar Tetsuya Tanaka dari D&T Farm.

4. Dijual dengan harga Rp 80.000 per sisir

Pasokan pisang mongee ini belum terlalu banyak bahkan jumlahnya masih sangat kecil. Jumlah pisang mongee saat ini ada sekitar 10 sisir yang setiap pekan dijual di pasar-pasar setempat. Pisang mongee dibandrol dengan harga 648 yen atau Rp 80.000 per sisir.

5. Akan dipasarkan di berbagai negara

Pisang mongee saat ini memang baru ditanam di Jepang, namun D&T Farm berencana untuk memasarkan pisang mongee hingga ke luar negeri. "Saya ingin menjual pisang yang tidak mengandung bahan kimia ke seluruh dunia," ujar Tanaka.

Itu dia guys pisang Mongee, pisang yang kulitnya bisa dimakan. Zaman udah makin modern, inovasi dari orang-orangnya juga makin canggih ya. Kalau sekarang udah ada jenis kulit pisang yang bisa dimakan, mungkin minggu depan akan ada inovasi agar kulit durian bisa dimakan. Atau ditemukan virus yang bisa mengubah manusia jadi zombie. Siapa tahu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES