Bukan Mengubah Manusia Jadi Serigala, Ini Dampak Gerhana Bulan Di Indonesia Rabu Lalu!

02 Februari 2018
|Chandra W.
267SHARES

Fenomena Super Blue Blood Moon atau Gerhana Bulan Merah Darah telah terlewati. Gimana? Berhasil mengabadikan keindahannya? Di balik keindahannya yang memesona, gerhana juga membawa dampak terutama bagi wilayah pesisir. Jangan percaya kalau ada yang bilang manusia bisa berubah jadi serigala ketika gerhana. Itu tandanya kamu kebanyakan nonton film fantasi.

Karena Bulan sedang berada dalam jarak terdekat dengan Bumi, kekuatan gravitasi juga meningkat. Sebagaimana biasa, air laut pasang ketika Bulan purnama. Nah karena ini lagi purnama dan jaraknya juga lebih dekat, potensi air pasang dan surut sudah diumumkan sebelum gerhana. Dilansir dari Tirto.id, Wilayah pesisir yang terdampak di antaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur dan Kalimantan Barat. Air laut diperkirakan surut minimum sekitar 100-110 cm pada tanggal 30 Januari-1 Februari.

Pasang dan surut air laut tentu akan mempengaruhi segala kegiatan masyarakat yang ada di pesisir pantai. Aktivitas nelayan mungkin terganggu akibat pasang muka air laut yang mencapai 1,5 meter. Sehingga nelayan harus berhati-hati jika melaut, atau bahkan harus beristirahat sementara waktu. Selain nelayan, petani garam juga bisa terdampak. Begitu juga kegiatan bongkar muat di pelabuhan bisa jadi agak terhambat karena adanya gelombang pasang.

Dalam level ekstrem, gelombang pasang juga bisa mengakibatkan banjir rob. Banjir rob, tidak seperti banjir pada umumnya. Air yang dibawa banjir rob berasal dari air laut ketika pasang. Banjir rob hanya bisa menggenangi wilayah yang permukaannya lebih rendah dari permukaan air laut. Di Indonesia, banjir rob cukup sering melanda daerah Jakarta Utara. Air banjir rob tidak sekeruh banjir pada umumnya. Namun kekuatannya cukup besar dan bisa menghancurkan bangunan dan infrastruktur. 

Selain berdampak terhadap air laut mengakibatkan pasang surut dan banjir rob, ada juga yang percaya bahwa gerhana bulan berpengaruh ke kehidupan manusia, dilihat dari zodiaknya. Ya masalah percaya atau tidak itu kan hak ya. Jadi kalau mau percaya monggo, enggak juga nggak apa-apa. Yang penting jangan percaya kalau gerhana bulan bakal ada serigala jadi-jadian. Di Indonesia adanya sih babi jadi-jadian. Babi ngepet.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
267SHARES