Bukan Karena Kebanyakan Lendir, Ini Lho Penyebab Hidung Mampet Saat Sakit Flu!

04 Desember 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

“Yang ini mampet, yang ini enggak”, Hidung tersumbat alias hidung mampet memang menyebalkan. Nafas jadi susah, mau begini gak enak, mau begitu gak enak, serba gak nyaman deh. Pasti kalian pernah dong ngerasain gimana gak nyamannya hidung mampet sebelah? Kira-kira penyebabnya apa ya? Nah, ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya lho, guys. Tim Yukepo udah siapin nih informasi tentang penyebab hidung mampet sekaligus cara meredakannya. Penasaran kan? Yuk langsung aja kita kepoin!

Melansir Men’s Health, dokter bedah dari divisi THT di Brigham and Women’s Hospital menjelaskan hidung mampet sebelah disebabkan oleh adanya suatu respon fisiologis yang dinamakan siklus nasal. Siklus nasal adalah proses ketika lubang hidung menarik udara secara bergantian.

Struktur di kedua sisi hidung bertugas untuk menghangatkan dan melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Hal ini bertujuan untuk melindungi paru-paru dari kekeringan dan iritasi, seperti yang dijelaskan oleh dr. Roditi. Proses ini membutuhkan kerja keras. Agar kerjanya lebih efisien, hidung membebankan daya yang lebih berat ke satu sisi dibandingkan sisi yang lainnya. 

Kemudian proses ini juga akan memberikan aliran darah lebih banyak ke salah satu lubang hidung. Hal ini membuat turbinat di dalam hidung tersebut menjadi membengkak. Adanya turbinat yang membengkak, berarti lebih sedikit udara yang melewati sisi tersebut yang akhirnya membuat hidung tersumbat sebelah. 

dr. Roditi juga menjelaskan ketika kita sakit, aliran darah ke hidung akan meningkat. Membuat turbinat yang membengkak lebih besar dan memproduksi lendir di area nasal. Jadi, walaupun kita merasa kedua hidung kita tersumbat gara-gara flu, kita akan lebih merasakannya di satu sisi.

Sebenernya hidung mampet ini gak bisa bener-bener dihilangkan, lho. Kemungkinannya, salah satu lubang hidung akan lebih tersumbat dari yang lain. Biasanya setelah 90 menit sampai 4 jam, hidung akan bertukar sisi. Tadinya sebelah kiri yang mampet, gantian deh jadi sebelah kanan yang mampet. Walaupun gak bisa dihilangin, kalian tetep bisa meredakan hidung mampet kok. Caranya dengan minum atau makan makanan hangat. Misalnya, minum teh hangat, wedang jahe, susu panas, makan bubur, dan lain-lain. Walaupun mampetnya gak bener-bener hilang, setidaknya kalian akan merasa lebih nyaman setelahnya.

Itu dia guys penjelasan ilmiah dari hidung mampet. Udah tau juga kan cara meredakan hidung tersumbat? Tetep ya, yang paling penting adalah mencegahnya dengan menjaga kesehatan kalian. Pastikan kalian makan makanan yang bernutrisi, cukup istirahat, cukup olahraga biar gak tubuh kalian punya daya tahan yang tinggi dan kebal dari penyakit. Jadi gak perlu deh ngalamin hidung mampet ataupun sakit flu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES