Bukan Karena Hantu, Merinding di Tempat Angker Juga Terjadi Karena 5 Hal Ini!

21 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kalian pernah merinding ketika berada di tempat yang dianggap angker? Katanya, merinding menandakan kalau di dekat kita ada makhluk halus. Bener nggak ya? Meski dipercaya sebagai tanda kehadiran makhluk halus, tapi ternyata ada alasan ilmiah yang membuat bulu kuduk kita tiba-tiba berdiri, lho. Kira-kira kenapa ya? Yuk, langsung saja simak penjelasannya.

1. Berubahnya suhu lingkungan di sekitar kita

Tempat yang dianggap angker biasanya telah ditinggalkan oleh penghuninya. Karena tidak berpenghuni, tempat tersebut menjadi terbengkalai. Tempat yang terbengkalai dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan berbeda dengan suhu di luar ruangan. Bahkan, suhu bisa berubah secara drastis dan tiba-tiba. Menurut para ahli, perbedaan dan perubahan suhu yang ekstrem bisa memicu bulu kuduk berdiri. Bulu kuduk berdiri untuk membantu tubuh agar tetap dalam kondisi hangat.

2. Bersentuhan dengan medan magnet

Bumi memiliki medan magnet yang sangat kuat guna melindungi Bumi dari bahaya yang ditimbulkan radiasi kosmis dari luar angkasa. Medan magnet juga bisa muncul karena adanya singgungan dari medan elektrik. Para ahli berpendapat bahwa saat manusia berada di sekitar medan magnet, panca indera akan mengalami gangguan bahkan bisa menyebabkan halusinasi. Jadi kita akan merasa merinding atau malah bisa melihat sosok yang aneh.

3. Reaksi terhadap gelombang VLF

Gelombang VLF memiliki frekuensi yang tidak bisa didengar oleh manusia secara langsung. Frekuensi gelombang VLF berada di titik paling bawah atau sering disebut infrasonik. Tapi, ternyata otak dan pendengaran manusia sensitif terhadap gelombang ini. Ketika otak bersinggungan langsung dengan gelombang VLF, panca indera akan terganggu. Dengan begitu, kita akan merinding dan juga berhalusinasi.

4. Reaksi emosional

Ketakutan juga bisa membuat kita merinding. Saat takut melihat film horor atau takut melihat sesuatu, bulu kuduk akan tiba-tiba berdiri. Hal ini terjadi karena adanya reaksi emosional. Emosi yang timbul menyebabkan piloerection pada akar rambut sehingga terjadilah merinding.

5. Was-was dan waspada

Was-was dan waspada juga memicu bulu kuduk menjadi berdiri. Ketika seseorang merasa was-was ataupun waspada, alam bawah sadar akan melepaskan hormon adrenalin. Hormon adrenalin dihasilkan oleh dua kelenjar kecil di atas ginjal. Hormon ini menyebabkan kontraksi otot dan juga mempengaruhi reaksi tubuh lainnya, termasuk merinding.

Jadi begitu ya, merinding di tempat yang dianggap angker bisa dijelaskan secara ilmiah. Karena alasan di atas, bisa dikatakan kalau merinding belum tentu ada hantu di dekat kita. Bisa saja karena reaksi terhadap hal-hal di atas. Hmm, tapi ada juga lho yang beranggapan bahwa hantu memang berupa gelombang magnetik. Bagaimanapun, kalau kita merinding tiba-tiba, jangan langsung kabur ya. Coba cermati dulu posisimu dan keadaan sekitarmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES