Bukan Cuma Hantu, Makhluk Hidup dalam Tetesan Air Laut Ini Juga Tak Kasat Mata!

21 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Lautan menjadi sumber air terbesar di dunia. Saking besarnya, lautan ditinggali oleh berbagai macam makhluk hidup, ada binatang, tumbuhan, dalam berbagai ukuran dan jenis. Ternyata tak hanya lautan luas yang ditinggali oleh bermacam-macam makhluk hidup. Di dalam setetes air laut pun hidup beragam jenis makhluk hidup. Air laut memang terdiri dari 96,5% air dan 3,5% material lain. Material lain yang menyusun air laut, antara lain, garam-garaman, gas terlarut, bahan-bahan organik, dan partikel tak terlarut. Karena material lain hanya sedikit jumlahnya, material-material tersebut tidak bisa dilihat secara langsung.

Karena alasan itulah, David Littschwager, seorang fotrografer, melakukan eksperimen terhadap air laut. Ia memotret setetes air laut untuk mengetahui partikel-partikel yang terkandung di dalamnya. David melakukan pemotretan dengan meletakkan setetes air laut di atas cawan petri yang berdiameter 60 mm. Tak hanya sekali saja ia melakukan pemotretan, sebanyak 15 tetes air laut, ia jadikan sampel untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan. Dan memang hasilnya luar bisa menakjubkan. David memperbesar hasil jepretannya sebanyak 25 kali dan mendapati begitu banyak makhluk yang hidup di dalam setetes air laut.

Penasaran seperti apa hasil jepretan David dan apa saja organisme yang ditemukan di dalamnya? Simak ya ulasan berikut ini.

1. Daphnia Magna

2. Philodina Roseola

4. Temora Longicornis
5. Nassula Ornata

7. Larva nyamuk

Keren kan hasil jepretan David? Tak disangka ya kalau di dalam setetes air laut ada banyak organisme yang hidup. Jadi, kalau kita sedang bermain di lautan dan air laut sampai tertelan, ada banyak tuh organisme yang masuk di tubuh kita. Bahaya nggak ya buat kita? Asal nggak terlalu banyak organisme yang masuk dalam tubuh, dan bukan dari jenis bakteri yang mematikan. Kita nggak akan kenapa-kenapa kalau meminum air laut. Karena sistem pencernaan kita sudah memiliki zat-zat yang dapat menghancurkan berbagai organisme tersebut.

Nah tapi kira-kira organisme tersebut masih hidup nggak ya saat tertelan? Geli juga ya membayangkan menelan makhluk yang masih hidup.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES