Bukan Cuma Bahan Baku Rokok, 5 Vaksin Ini Pakai Tembakau Sebagai Bahan Utama

13 Juni 2017
|Chandra W.
616SHARES

Jika selama ini kamu mengenal tembakau hanya sebagai tanaman bahan baku rokok, artinya kamu ketinggalan zaman. Sudah banyak lho, manfaat positif tembakau yang ditemukan. Di antaranya, sebagai bahan utama vaksin pencegah beberapa penyakit, mulai dari yang ringan seperti flu hingga penyakit mematikan seperti kanker.

Wah, padahal selama ini kita pikir tembakau menyebabkan kanker, ya? Iya, itu kalau di rokok. Gimana kalau di vaksin? Kita simak, yuk, penjelasannya di bawah ini.

1. Vaksin Influenza

Tanaman tembakau yang digunakan sebagai media pembiakan vaksin influenza di Quebec, Canada ternyata enam kali lebih efektif dibandingkan jika menggunakan telur sebagai media pembiakan. Daun tembakau yang sudah mengandung hemaglutinin lalu ditumbuk dan proteinnya diekstraksi untuk dimurnikan menjadi vaksin bagi virus influenza.

2. Vaksin Kanker Lymphoma

Diklaim sebagai salah satu penyebab kanker paru-paru, ternyata tembakau dapat berperan sebaliknya pada kanker lymphoma atau kelenjar limfa yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Vaksin ini juga berharga jauh lebih murah karena mudah dibiakkan pada daun tembakau.

3. Vaksin Ebola

Beberapa tahun lalu, dunia sempat dihebohkan dengan kemunculan virus Ebola yang menyerang antibodi dan menurunkan kekebalan tubuh manusia. Berita baiknya, sebuah vaksin yang dinamai ZMapp telah ditemukan oleh perusahaan obat di Amerika Serikat dan Kanada. Vaksin ini dibuat dari serum yang berasal dari salah satu jenis tanaman tembakau, Nicotiana benthamiana.

4. Vaksin Sakit Perut Norovirus

Sakit perut yang diakibatkan oleh virus bernama Norovirus ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air serta sering menyebar di restoran, kapal pesiar, dan tempat-tempat makan berskala besar lainnya. Seorang peneliti di Amerika Serikat telah menemukan tembakau dengan protein yang dapat dikembangkan menjadi vaksin bagi pencegahan Norovirus ini.

5. Vaksin Pes

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis ini dapat menjangkit manusia dan hewan. Untungnya, peneliti dari Maryland, AS, telah menemukan vaksin yang juga dihasilkan dari TMV (Tobacco Mosaic Virus) sebagai penangkalnya dengan cara disuntikkan kembali ke dalam tanaman tembakau untuk menghasilkan antigen.

Rokok kini bukan satu-satunya hasil dari tembakau. Jadi jangan anggap remeh tembakau, ya. Karena ada banyak manfaat positif dari tembakau yang dapat berguna bagi masyarakat dalam bidang kesehatan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
616SHARES