Buat Cowok-cowok, Sudah Tahu Alasan Kenapa Si “Adik” Ereksi Saat Bangun Tidur?

07 Januari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Buat para lelaki pasti udah hafal betul dong sama fenomena yang sering terjadi saat pagi ketika bangun tidur. Perlu dijelasin? Adalah momen ketika si “adik” berdiri, padahal nggak lagi nggak ngapa-ngapain dan diapa-apain. Malah terkadang, si “jagoan” lebih dulu bangun dan berdiri tegak menyambut pagi ketimbang kita yang masih pules.

Kadang hal ini suka bikin heran, dan membuat kita bertanya-tanya tentang alasan kenapanya. Wah, ternyata mengenai mengapa penis bisa bangun saat pagi hari ada penjelasan ilmiahnya, guys. Wah, harus cari tahu nih!

Kondisi penis yang ereksi secara spontan disebut dengan Nocturnal Penile Tumenscence (NPT). Semua laki-laki dengan kondisi penis normal dan tidak mengalami impotensi, biasanya akan mengalami ereksi ketika tidur antara 3 sampai 5 kali. Belum ada penjelasan pasti tentang penyebab kondisi ini, tapi satu penelitian telah menghubungkan kondisi penis yang ereksi ketika bangun tidur dengan Rapid Eye Movement (REM).

Ketika laki-laki berada pada tahapan tidur REM, sel noradrenergik yang ada di bagian otak locus coeruleus akan mati. Teori ini menduga sel noradrenergik ini berhubungan langsung dengan pola penghambat pada penis. Akibatnya ketika sel ini tidak aktif, testosteron yang bergantung pada pola rangsangan.

Terkadang, penyebab penis yang ereksi ketika pagi hari adalah adanya rangsangan seksual yang diterima penis ketika tidur. Misalnya, penis secara tidak sengaja mengalami gesekan dengan benda-benda tertentu seperti guling, atau bahkan gesekan dengan tubuh pasangan di samping anda. Jadi walaupun tidak disadari, adanya rangsangan tersebut bisa langsung membuat penis berereksi.

Kebanyakan laki-laki yang mengalami ereksi di pagi hari adalah laki-laki di usia muda. Rata-rata laki-laki yang sudah memasuki usia paruh baya akan jarang mengalami kondisi. Joseph Alukai, M.D., asisten profesor Urologi dan Obstetriccs dan Ginekologi di NYU Langone Medical Center, mengatakan bahwa pria yang berusia 60-70 tahun yang bangun pagi dan ingin buang air kecil biasanya tidak akan mengalaminya ketika bangun tidur.

Ternyata, kalau penis secara konsisten selalu ereksi di pagi hari, hal ini berarti baik lho buat kesehatan laki-laki. Aliran darah ke penis yang dibutuhkan saat ereksi akan selalu lancar kalau penis terbiasa ereksi di pagi hari. Nah, kalau penis bisa ereksi di pagi hari dan tidak bisa ereksi ketika akan berhubungan seks, hal ini tidak berarti penis dalam keadaan yang tidak normal ya. Gangguan ereksi ini hanya disebabkan oleh kondisi psikologis dan tidak ada hubungannya dengan kondisi penis.

Kalau penis nggak bisa ereksi di pagi hari, berarti ada masalah kesehatan dong? Bisa jadi penis yang tidak ereksi di pagi hari adalah petanda adanya gangguan kesehatan. Kalau kalian, para laki-laki, tidak merasakan ereksi di pagi hari selama beberapa bulan, kalian perlu periksakan ke dokter.  Mungkin ini petanda adanya gangguan kesehatan seperti depresi, stres kronis, atau masalah kesehatan lainnya. Berkurangnya ereksi juga bisa menandakan kalau hormon testosteron anda rendah.

Nah, itu dia ternyata alasan ilmiah dibalik berdirinya penis ketika bangun tidur. Sekarang pertanyaanmu tentang penis atau "adik" yang sudah bangun pagi-pagi ini sudah terjawab ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES