Bisa Sebabkan Penyakit Jantung dan Mengancam Nyawa, Ini Dampak Buruk Minum Sambil Berdiri!

31 Maret 2018
|Galih Wisnu Brata
392SHARES

Minum menjadi kebutuhan pokok manusia. Jika kekurangan cairan, kita pasti akan mengalami dehidrasi. Untuk itu, ketika kita merasa haus sangat dianjurkan untuk segera minum. Namun, ada yang harus diperhatikan saat kita minum. Saat minum, sebaiknya kita dalam kondisi duduk bukan berdiri. Minum sambil berdiri memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Mau tahu dampak buruk minum sambil berdiri? Yuk kepo 6 daftar di bawah!

1. Naiknya asam lambung

Minum sambil berdiri berdampak buruk pada lambung. Saat minum sambil berdiri, tekanan air yang diminum mengejutkan saluran menuju lambung. Hal itulah yang memicu naiknya asam lambung. Tak hanya itu, dinding lambung pun akan mulai terkikis akibat kebiasaan buruk ini. Jika fungsi lambung terganggu, secara otomatis sistem pencernaan pun ikut terganggu. Nggak mau kan?

2. Merusak ginjal

Saat minum dalam posisi berdiri, alat penyaring dalam ginjal akan menutup. Hal itu membuat air yang mengalir ke dalam tubuh akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring terlebih dahulu. Kondisi ini akan menyebabkan penumpukan berbagai kotoran di saluran kandung kemih. Jika dibiarkan berlanjut, kondisi kesehatan ginjal pun akan terganggu.

3. Memicu arthritis

Arthritis merupakan penyakit yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga persendian terganggu. Dengan kata lain, arthritis adalah radang pada selaput sendi. Jika penyakit ini diderita, si penderita tidak akan bisa bergerak secara bebas. Nah, salah satu pemicu penyakit persendian ini adalah minum sambil berdiri.

4. Risiko penyakit jantung

Saraf tubuh akan menegang saat kita minum sambil berdiri, khususnya saraf kelana. Saraf kelana berhubungan dengan jantung. Jika saraf kelana terganggu, jantung pun akan ikut terganggu.

5. Keseimbangan tubuh terganggu

Percaya atau tidak, minum sambil berdiri bisa buat kita jadi oleng. Jaringan pada saraf pusat akan tertekan dan terus dipaksa untuk bekerja untuk menstabilkan tubuh. Saraf-saraf tubuh yang tertekan akan stres dan memicu disfungsi saraf. Alhasil, keseimbangan tubuh pun terganggu.

6. Tetap merasa haus

Ternyata, kalau kita minum sambil berdiri, kita tetap akan merasa haus. Kenapa gitu ya? Pasalnya, air yang kita minum akan menyebar ke mana-mana dan nggak terserap secara sempurna oleh tubuh.

 

Tuh, guys nggak baik kan minum sambil berdiri. Biar tetap sehat, mulai hindari kebiasaan buruk ini yuk. Nggak susah kok, cukup mengusahakan untuk duduk saat kita minum. Tubuh lebih sehat, dahaga hilang, dan sesuai dengan anjuran yang ada di masyarakat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
392SHARES