Bisa Menangis Darah, Perempuan 21 Tahun Disebut Penyihir dan Ditinggal Suaminya. Miris Banget!

22 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Seorang wanita berusia 21 tahun dicampakkan suaminya, disebut penyihir karena ‘menangis darah’. Jika kita selama ini sering menggunakan kata-kata ‘menangis darah’ untuk menggambarkan menangis karena kesedihan yang mendalam, wanita bernama Geeta ini benar-benar bisa menangis darah dari mata dan pori-pori kulitnya. Keringat dan air matanya adalah darah. Ayah Geeta yang hanya bekerja sebagai buruh hanya bisa khawatir atas kondisi anaknya.

Geeta akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Sadar, India. Dokter yang menanganinya, Vinayak Kumar Singh mengatakan bahwa sel darah Geeta normal dan tidak ada fungsi yang terganggu. Kondisi Geeta disebut sebagai hematohidrosis, yang tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa begitu saja terjadi tanpa ditandai gejala apapun sebelumnya.

Kondisi serupa juga dialami oleh Phakamad Sangchai, seorang anak berusia 7 tahun sejak tahun 2016. Mata, hidung, telinga dan kulitnya mengeluarkan darah setiap kali ia sakit kepala. Sedihnya, Sangchai yang telah mendapat perawatan dari rumah sakit setempat tidak menunjukkan perubahan berarti dan tetap hidup dengan hematohidrosis. Keluarganya pun sampai bingung mencari pertolongan untuk menyembuhkannya.

Hematohidrosis adalah suatu kondisi di mana penderitanya menyekresikan darah dari kulit, lebih tepatnya kelenjar keringat. Pada umumnya, bagian yang mengeluarkan darah adalah wajah termasuk bagian dahi. Hanya satu dari sepuluh juta orang di dunia yang mengalami hematohidrosis, artinya kasus ini sangat langka. Dokter di beberapa negara pun banyak yang tidak mengenali kondisi tersebut.

Meskipun penderitanya bisa tiba-tiba saja mengeluarkan darah, ternyata penyebabnya adalah perasaan takut atau stress. Emosi-emosi negatif tersebut menyebabkan pelepasan senyawa adrenalin yang dapat mengakibatkan kebocoran pada pembuluh kapiler, yang pada akhirnya mendorong darah keluar dari kelenjar keringat. 

Ada juga yang mengatakan bahwa darah itu sebenarnya adalah darah menstruasi yang keluar dari saluran selain uterus. Saking langkanya, masih banyak yang belum mengetahui seperti apa hematohidrosis sebenarnya. Penyakit ini sebenarnya tidak membahayakan penderitanya. Hanya mungkin dapat menimbulkan perlakuan berbeda di lingkungan sekitar. Penanganannya biasanya dilakukan dengan cara mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu, seperti yang telah disebutkan di atas: takut, stress atau yang lainnya. Obat yang diberikan meliputi antidepresan atau jenis obat penenang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES