Bikin Miris, Profesor di Amerika Ini Terbukti Melakukan Manipulasi Data Penelitian! Kok Tega ya?

17 April 2018
|M.A
0SHARES

Setiap manusia tentunya memiliki kesalahan. Bahkan, manusia yang terpintar di dunia pun juga bisa melakukan kesalahan. Hal ini terjadi pada Ching-Shih Chen, seorang profesor Ohio State University (OSU). Seperti yang dilansir The Scientist, Beliau melakukan manipulasi gambar data penelitian pada artikel yang dipublikasikan atas namanya sendiri. Jumlah artikel yang dimanipulasi olehnya adalah data penelitian . Tentu hal ini cukup berbahaya mengingat penelitian tersebut menyangkut nyawa banyak orang.

Berdasarkan berita resmi dari situs laman Ohio State University atau OSU, Penelitian Profesor Ching-Shih Chen didanai oleh Arno Therapeutics Inc sejak 2008. Sangat disayangkan, penelitian untuk menyelamatkan jutaan nyawa manusia terancam batal akibat hasil penelitian yang manipulatif. Investigasi penelitian beliau sudah sejak tahun 2016. Saat itu, OSU menerima informasi dari anonim yang menyatakan ada enam data penelitian yang dimanipulasi dari tahun 2010 sampai 2014. Dampak dari kejadian itu, Ching-Shih Chen mengundurkan diri dari OSU dan penelitiannya dilanjutkan oleh peneliti lain di bidang farmasi.

Mengenai Ching-Shih Chen, apa yang membuat dia melakukan manipulasi data? Apakah beliau melakukan itu sehingga perusahaan Arno Therapeutics senang dengannya dan memberikan bonus materi?

Sebenarnya Ching-Shih Chen sendiri secara finansial cukup baik. Berdasarkan berita Science Mag, Ching-Shih Chen mendapatkan penghasilan 200.000 ribu dollar AS per tahun di OSU. Selain itu, beliau bisa dikatakan senior di OSU karena sudah mengabdi di OSU sejak 2001. Pada tahun 2010, beliau meraih penghargaan oleh OSU yaitu “Innovator of the Year”. Tidak hanya itu saja, beliau sendiri sudah mendapatkan pendanaan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) lebih dari 8 juta dollar AS dan sudah mempublikasikan lebih dari 200 jurnal penelitian.

Lalu, pihak siapakah yang dirugikan dari kejadian ini? Tercatat oleh situs berita mahasiswa OSU, the lantern, ada enam pihak yang dirugikan dari kejadian Ching-Shih Chen yaitu Data Safety Monitoring Committee (Organisasi yang bergerak dalam pengawasan data), Western Institutional Research Board (Organisasi yang bergerak dalam etika penelitian yang melibatkan manusia), Federal Drug Administration (Badan Pengawas Obat), the Office for Human Research Protections (Badan pengawas riset mengenai manusia), OSU Innovation Foundation (Organisasi pemberi dana penelitian dari OSU), dan Arno Therapeutics. Siapa yang menyangka seorang profesor mampu mengelabui enam pihak sekaligus?

Jadi, di zaman yang modern ini, semoga berita ini memberikan pesan moral bagi kita bahwa kita pun tetap harus berpikir kritis meskipun kita harus berhadapan dengan orang yang lebih ahli daripada kita. Meskipun terkadang kita bertemu dengan orang yang lebih ahli bukan berarti kita harus mengecilkan mental kita melainkan kita harus tetap bersemangat menghadapi mereka demi sebuah kebenaran. Last but not least, tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, sehebat apapun manusia, mereka tetap bisa melakukan kesalahan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
M.A
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES