Besok Malam! Fenomena Langka Gerhana Bulan Merah Darah Akan Hiasi Langit Indonesia. Keren!

30 Januari 2018
|Chandra W.
2.7 KSHARES

Sudah menyaksikan supermoon pada awal bulan ini? Belum? Jangan khawatir. Kamu masih punya kesempatan melihat fenomena langit yang langka ini pada akhir Januari, tepatnya pada 31 Januari 2018. Fenomena ini disebut Super Blue Blood Moon karena ada tiga hal yang terjadi. Pertama, supermoon yaitu saat Bulan berada pada jarak terdekatnya pada Bumi, yaitu 358.994 kilometer. Kedua, Blue Moon karena ini merupakan supermoon kedua yang terjad dalam rentang bulan yang sama (Januari 2018). Ketiga, Blood Moon atau Bulan Merah yang terjadi karena gerhana bulan total, bulan meredup dan cahaya matahari mengalami pembengkokan cahaya di atmosfer.

Di Indonesia, bulan akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang daripada biasanya. Dilansir dari Tirto, kita di Indonesia dapat menyaksikan supermoon pada pukul 20.26 WIB saat bulan sudah penuh (full moon). Meski demikian, waktu terbaik untuk menyaksikan supermoon adalah saat bulan baru terbit yaitu pada pukul 18.08 WIB.

Sementara itu, gerhana bulan total akan berlangsung selama 1 jam 17 menit. Fenomena ini dapat dikatakan sangat langka. Sebab, setelah ini Blue Moon akan kembali terjadi pada 31 Desember 2028 dan 31 Januari 2037. Bukan waktu yang pendek bukan? Gerhana total Blue Moon juga terakhir terjadi pada 31 Maret 1866. Hal ini menjadikan gerhana total Blue Moon yang akan terjadi besok 31 Januari 2018 yang pertama dalam 152 tahun Blue Moon.

Meskipun cantik, fenomena ini juga memiliki dampak yang perlu diwaspadai terutama oleh masyarakat yang tinggal di pesisir. Muka air laut akan naik dan bisa mengakibatkan banjir rob. Daerah yang diperkirakan terkena dampak adalah pesisir utara Tegal, pesisir utara Kota Semarang, pesisir utara Kabupaten batang, pesisir utara Kabupaten Pekalongan, pesisir utara Kabupaten Pemalang, dan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

Di luar wilayah yang disebutkan, bisa menyaksikan Super Blue Blood Moon dengan aman. Semoga nggak hujan ya biar bisa jadi saksi hidup fenomena langka yang hanya terjadi dalam hitungan ratusan tahun. Jangan lupa catat tanggalnya, pasang alarm di handphone biar nggak ketinggalan!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
2.7 KSHARES