Benarkah Bawang Putih Ampuh Menghilangkan Jerawat? Baca Dulu Penjelasan Ilmiah Ini

11 Juli 2017
|Faizah Pratama

Bawang putih telah dikenal selama ratusan tahun sebagai bumbu masak turun-temurun. Masakan Indonesia tak lengkap rasanya jika tanpa dibumbui dengan bawang putih. Aromanya yang kuat dan cita rasanya yang khas membuat tanaman umbi ini menjadi bumbu wajib bagi setiap masakan. Bumbu dapur ini mengandung sulfur, allicin, antibakteri, dan antijamur. Dalam dunia pengobatan herbal, tumbuhan ini dikenal sebagai antibiotik alami. Bawang putih sebagai antikanker juga sudah banyak diulas dalam berbagai tulisan. Selain itu, ia juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

 

Bukan hanya dalam dunia kesehatan dan kuliner, bawang putih juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Banyak yang bilang bahwa tanaman ini dapat membantu mencerahkan kulit, bahkan menghilangkan bekas luka. Banyak juga kabar yang beredar bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan jerawat. Dengan cara mengoleskannya ke jerawat, diyakini dapat langsung menghilangkannya. Memang tanaman ini memiliki sifat antibakteri dengan kandungan sulfur di dalamnya. Sulfur memang dikenal sebagai obat ampuh untuk jerawat. 

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengoleskan bawang putih ke kulit dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit melepuh. Zat allicin yang juga terkandung dalam bawang memiliki sifat panas dan zat inilah yang membuat bawang memiliki aroma yang sangat menyengat. Zat allicin ini memiliki sifat keras jika dioleskan pada kulit sensitif. Jika kamu menempelkannya banyak-banyak dalam waktu lama ke kulit maka kulit akan terasa terbakar dan akan melepuh. Bukannya akan membantu menyembuhkan atau mencerahkan kulit bawang putih justru berpotensi besar mengiritasi kulit.

 

Lalu bagaimana jika kamu sudah telanjur mempraktikkan penggunaan bawang putih ke wajah dan kulitmu melepuh? Cara paling aman adalah mengolesinya dengan obat luka bakar yang tersedia di apotik-apotik, namun jika kulitmu telah melepuh parah maka kamu harus segera membawanya ke dokter. Cara alami yang mudah misalnya dengan lidah buaya yang akan membantu mendinginkan kulitmu.

 

 

 

 

 

Penggunaan bawang putih ke kulit merupakan suatu perawatan yang ekstrem, karena jika kamu tidak hati-hati kulitmu menjadi taruhannya. Meski banyak manfaatnya, namun bawang putih juga mengandung zat yang berpotensi mengiritasi kulit. Sebaiknya kamu menghindari perawatan kulit menggunakan bawang putih, carilah perawatan alami lain yang lebih aman untukmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
SHARES