Bawang Merah Ampuh Redakan Demam, Mitos atau Fakta?

25 Juli 2017
|Venanda
870SHARES

Waktu masih kecil badan sering dilumuri bawang merah saat sedang demam? Pengobatan menggunakan bumbu dapur ini memang cukup populer dikalangan orang tua zaman dulu. Sehingga tak heran jika banyak orang tua menggunakan cara tradisional ini untuk mengatasi demam. Biasanya jika anaknya sakit, mereka juga akan memijat tubuhnya dengan bawang merah. Tapi benarkah bumbu dapur ini ampuh meredakan demam? Yuk simak penjelasan ilmiahnya.

Berdasarkan beberapa sumber, ternyata benar bahwa bawang merah dapat meredakan demam. Memijat tubuh yang demam menggunakan bumbu dapur ini dapat membuat pembuluh darah melebar. Hal ini bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Oleh karena itu demam pun berangsur-angsur turun.

Jika sedang sakit di kos atau rumah sendirian, kamu bisa mencoba menggunakan cara rumahan ini untuk meredakan demam. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mencampurkan irisan bawang merah dengan minyak kelapa, lalu lumuri ke badan sambil dipijat. Selain itu, letakkan juga irisan bawang ini di bawah lengan dan di antara paha. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan suhu tubuh.

Namun penggunaan bawang merah sebagai salah satu cara meredakan demam ini perlu diwaspadai. Ada beberapa jenis kulit yang sangat sensitif sehingga tidak nyaman dengan penggunaan bawang merah ke tubuh. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang sensitif, penggunaan bawang merah bisa membuat kulitmu iritasi. Jadi, lebih baik cari tahu terlebih dahulu apa jenis kulitmu agar terhindar dari iritasi saat menggunakan metode ini.

Dan jika demam tidak kunjung turun setelah dipijat menggunakan bawang merah, lebih baik langsung ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena menurunkan demam bukan berarti menyembuhkan demam. Demam sendiri adalah salah satu cara tubuh untuk mengatasi virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Penggunaan bawang merah hanya membantu untuk menjaga agar suhu tubuh tetap terjaga. 

Penggunaan bawang merah ini bisa menjadi alternatif pengobatan bagi kamu yang tidak suka makan obat. Bahan yang sangat sederhana dan selalu ada di dapur ini bisa dimanfaatkan sebagai obat darurat saat demam menyerang. Jangan lupa mandi ya setelah dipijat menggunakan bawang, biar nggak bau.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
870SHARES