Awas, Inilah Bahaya dari Konsumsi Garam Dapur Berlebih Pada Tubuh!

18 Juli 2017
|Romlah Sundari
1SHARES

Belakangan ini, penggunaan garam dalam makanan menjadi bahan perdebatan bagi beberapa orang. Dengan naiknya popularitas diet mayo, atau diet tanpa perasa asin ini pada beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang percaya bahwa bumbu asin ini adalah sesuatu yang harus ditinggalkan karena berakibat buruk bagi tubuh. Namun, anggapan ini benar-benar salah dan metode diet mayo merupakan metode yang justru dapat merusak tubuh.Garam merupakan komponen penting yang diperlukan tubuh. Sodium dalam garam memiliki fungsi untuk mengatur aliran dan tekanan darah. Selain itu, sodium juga berfungsi dalam proses transmisi pesan dari syaraf ke otot. Klorida yang juga merupakan komponen penyusun garam, memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan tubuh. Karena itu, perasa asin ini menjadi menu yang harus ada dalam makanan kita karena memiliki zat-zat yang sangat penting bagi tubuh. Akan tetapi, asupan per harinya juga harus diperhatikan dengan cermat. Karena terlalu banyak mengkonsumsinya sama berbahayanya dengan tidak mengonsumsi sama sekali. Inilah bahaya yang akan muncul jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

1. Kemampuan kognitif menurun

Siapa sangka konsumsi garam yang berlebih dapat mempengaruhi kemampuan kognitif otak? Jika kamu merasa otakmu seperti berkabut dan sulit untuk berpikir jernih, coba perhatikan lagi apakah kamu mengkonsumsi secara berlebihan atau tidak.

2. Rasa haus yang terus-terusan

Perasa asin ini memiliki kemampuan untuk mengikat air sehingga tubuh merasa terus-terusan membutuhkan air. Dengan begitu, ketika kamu mengkonsumsi terlalu banyak, kamu akan terus menerus merasa haus meski sudah minum dengan jumlah yang cukup.

3. Bagian-bagian tubuh membengkak

Jika kamu terbangun dengan bengkak-bengkak aneh tanpa tahu apa penyebabnya, bisa jadi bumbu ini adalah penyebabnya. Konsumsi yang berlebih akan menyebabkan edema, atau penumpukan cairan di lapisan tubuh yang membuatmu merasa kembung dan nampak bengkak.

4. Menyebabkan penyakit batu ginjal

Salah satu akibat konsumsi berlebih yang paling berbahaya adalah batu ginjal. Garam yang terlalu banyak dalam tubuh akan meningkatkan kadar protein dalam urin. Sedangkan penyebab batu ginjal yang paling utama adalah karena banyaknya protein yang harus disaring oleh ginjal. Karena itu, hindari konsumsi berlebih dan banyak-banyak meminum air putih ya, agar kamu tidak terkena batu ginjal.

5. Menimbulkan luka di dinding perut

Selain melukai ginjal, garam ternyata juga dapat melukai dinding perut. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Infection and Immunity, konsumsi garam berlebih akan melukai perut dan menyebabkan kanker pada hewan. Itulah kenapa kita tidak boleh memberikan makanan berbumbu kepada hewan.

6. Menyebabkan hipertensi

Ini adalah akibat konsumsi garam berlebih yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas. Garam yang memang berperan dalam mengatur aliran dan tekanan darah, jika dikonsumsi secara berlebih, justru akan meningkatkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah menjadi kaku. Hal ini sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung karena dapat berakibat pada kematian.

Nah, setelah kamu mengetahui bahaya-bahaya dari konsumsi garam berlebih pada tubuh, kini waktunya kamu mengambil aksi. Perhatikan asupan garammu agar tidak melebihi 2.400 mg perhari. Dan perlu diingat pula, garam tidak hanya ada dalam masakan saja, makanan-makanan kemasan seringkali mengandung kadar garam yang melebihi batas normal. Karena itu, jangan lupa cek label kemasan sebelum makan, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
1SHARES