Awas, 7 Kebiasaan Buruk Sehari-Hari Ini Dapat Membunuhmu di Usia Muda, Lho!

13 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kematian memanglah hanya Tuhan yang tahu. Namun, sudah sepatutnyalah kita sebagai manusia tetap menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Dengan tubuh yang bebas penyakit, kita juga akan lebih nyaman dalam beraktivitas. Kita bisa menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan buruk pun juga harus ditinggalkan.

Karena, ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memperpendek usia, lho. Salah satunya adalah minum alkohol. Dengan mengonsumsi alkohol, organ-organ di dalam tubuh akan mengalami masalah. Nggak mau kan? Tak hanya minum alkohol, masih ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari karena bisa pangkas usiamu. Yuk, simak!

1. Merokok

Seperti yang telah kita ketahui, rokok mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi rokok secara rutin tentunya akan membuat seseorang menjadi pendek usia. Berbagai penyakit bisa saja menyerang para perokok, mulai dari gangguan pernapasan hingga gangguan pada jantung. Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia pada 2007, setiap jam sebanyak 46 orang tewas karena merokok.

2. Begadang

Tubuh manusia memanglah harus beristirahat. Dalam sehari disarankan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam. Waktu tidur yang paling ideal untuk tidur tentunya malam hari. Jika pada malam hari kita malah memutuskan untuk begadang, detoksifikasi akan terganggu. Detoksifikasi adalah proses penetralan racun dalam tubuh. Bila detoksifikasi terganggu, akan berakibat pada kesehatan tubuh.

3. Duduk terlalu lama

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Harvard University, duduk terlalu lama bisa memperpendek usia. Apabila kita duduk lebih dari tiga jam selama sehari, bisa mengurangi masa hidup sekitar dua tahun. Untuk itu, jangan terus-terusan duduk. Kamu bisa melakukan aktivitas lain, seperti jalan-jalan.

4. Berwajah muram

Kamu sering berwajah muram? Mulai sekarang sebaiknya dikurangi karena bisa pangkas usiamu. Ternyata wajah muram bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Hal itu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer di kemudian hari. Tuh, nggak perlu bermuram durja, tertawalah selagi belum dilarang. Tertawa juga bisa bikin awet muda kok.

5. Menyendiri

Tidaklah mudah untuk mengubah sifat dan kebiasaan. Namun, jika kamu pemalu, introvert, dan suka menyendiri, mulailah untuk mengubahnya. Kalian haruslah bersosialisasi. Bersosialisasi dengan orang lain memiliki banyak manfaat. Kita bisa mendapatkan dukungan, aktivitas baru, dan juga bermanfaat bagi kesehatan.

6. Pelit

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di American Journal of Public Health, membantu orang lain dapat mengurangi tingkat stres. Dengan tingkat stres yang remdah, risiko kematian pun menjari berkurang. Yah, salah satu bentuk bantuan adalah meringankan beban biaya orang lain.

7. Terobsesi dengan usia

Nggak suka dengan keriput di bawah mata? Nggak mau disebut tua? Ternyata, khawatir akan menjadi tua malah semakin cepat membuat kita jadi tua loh. Sebuah penelitian di Purdue University mengungkapkan bahwa terpaku dengan sisi negatif saat tua, akan membuat kemunduran bagi fungsi mental. Jalani aja guys. Tua itu pasti, nggak perlu takut.

Karena udah tahu kebiasaan buruk yang bisa pangkas usia, sebaiknya mulai dihindari ya biar tetap awet muda. Kan sedih kalau kita harus mengalami sakit-sakitan padahal masih tergolong muda. Jadi, selalu biasakan gaya hidup sehat, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES