Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama yang Bisa Kamu Tinggali

18 Juni 2017
|Venanda
92SHARES

Jika kalian pernah menonton film Wall-E dari Disney yang rilis pada tahun 2008, pasti sudah familiar dengan negara luar angkasa. Dalam film tersebut diceritakan bahwa bumi sudah hancur dan penghuninya harus mengungsi ke luar planet. Mereka sementara tinggal di kapal luar angkasa yang bernama Axiom. Tak disangka, setelah sembilan tahun sejak film Wall-E tayang, tenyata negara luar angkasa seperti dalam film akan segera terwujud. Penasaran bagaimana wujud dari negara luar angkasa yang akan segera diluncurkan dan dapat ditinggali olah manusia ini? 

Negara luar angkasa pertama ini bernama Asgardia. Igor Ashurbeyli yang merupakan pencetus dan perancang Asgardia adalah seorang ilmuwan dari Rusia. Nama Asgardia sendiri diambil dari nama tempat tinggal dari dewa Thor yang bernama Asgard. Dalam mitologi Yunani diceritakan bahwa tempat tinggal dewa Thor adalah kota hunian yang bertema futuristik. Asgardia sendiri juga rencananya didesain dengan tema futuristik seperti dalam film science fiction

Tak disangka, antusiasme masyarakat dengan negara luar angkasa pertama ini sangat tinggi. Bahkan sejak diumumkan bulan lalu, sudah ada 500ribu pendaftar yang ingin menjadi warga dari negara luar angkasa ini. Respon yang luar biasa ini didapatkan hanya dalam waktu 20 hari setelah dibuka pendaftarannya. Karena peminatnya yang tinggi, maka tim Asgardia akhirnya membuat peraturan yang lebih ketat untuk seleksi warga Asgardia. Sampai sekarang sudah ada 200ribu warga yang sudah terverifikasi sebagai calon warga Asgardia. 

Perwakilan dari Asgardia mengatakan bahwa warga Asgardia akan beraktivitas seperti biasanya, seperti bekerja, bersantai, memiliki peraturan, dan juga sistem pemerintahan sendiri. Asgardia akan menjadi negara merdeka yang berdiri sendiri. Bahkan tim dari negara luar angkas ini juga berencana mendaftarkan Asgardia menjadi negara yang masuk dalam organisasi PBB (Persatuan Bangsa Bangsa).

Belum ada kejelasan tentang kapasitas, luas, dan biaya yang dibutuhkan untuk tinggal di negara luar angkasa ini. Namun yang pasti untuk membangun Asgardia dibutuhkan biaya yang cukup besar. Sebagai awal pembangunan Asgardia, pada bulan September nanti akan diluncurkan Asgardia-1 ke orbit sebagai pondasi negara luar angkasa ini.

Asgardia adalah inovasi yang sangat besar dalam ilmu pengetahuan. Pembangunan negara luar angkasa ini digadang-gadang sebagai upaya perlindungan bumi dari serangan luar angkasa. Jadi, kamu berminat menjadi warga negara Asgardia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
92SHARES