Apa Sebenarnya Black Hole Itu? Ini Dia Jawabannya

Sumber Gambar

Black hole atau lubang hitam yang berada di luar angkasa telah menjadi misteri yang mengusik rasa penasaran para ilmuwan sejak puluhan tahun yang lalu. Konsep mengenai adanya sebuah lubang hitam di luar angkasa yang mampu menghisap apapun yang berada di dekatnya ini membuat ilmuwan dan ahli astronomi menaruh perhatian khusus terhadap misteri angkasa satu ini.

www.wired.co.uk

Kita sebagai orang biasa pun pasti sudah tidak asing dengan konsep ini. Ingat film Interstellar? Atau anime Inuyasha? Dalam kedua film tersebut, black hole menjadi bagian dari cerita. Dalam film interstellar, tokoh utama film tersebut, Cooper, memasuki sebuah black hole bernama Gargantua dan terlempar ke dimensi lain. Sedangkan dalam anime Inuyasha, salah satu tokohnya yang bernama Miroku memilikinya di tangan yang bisa menghisap segalanya.

Sumber Gambar

Namun tahukah kamu bahwa misteri angkasa satu ini sebenarnya berasal dari bintang? Ya, menurut ahli astronomi, black hole adalah bintang yang telah mati. Setiap bintang di angkasa, termasuk matahari kita, memiliki dua gaya yang berlawanan. Yaitu gaya gravitasi ke dalam dan tekanan radiasi keluar yang diakibatkan oleh reaksi nuklir yang terjadi di dalam inti bintang.

www.salon.com

Pada bintang yang masih ‘hidup’, besaran gaya gravitasi dan tekanan keluar bintang seimbang. Akan tetapi, pada suatu masa, energi nuklir dalam bintang akan kehabisan dayanya dan gaya gravitasi akan menjadi lebih kuat karena tidak lagi diimbangi dengan gaya tekanan keluar.

Sumber Gambar

Gaya gravitasi pada bintang akan memadatkan massa bintang. Untuk bintang dengan massa yang kecil, daya tolak antar elektron yang terdapat di dalam inti bintang akan mampu melawan gaya gravitasi ke dalamnya sehingga bintang akan mendingin dan ‘mati’ dengan perlahan dan damai. Fenomena ini menghasilkan titik kecil bintang yang disebut dengan the white dwarf.

Sumber Gambar

Sedangkan pada bintang dengan massa yang besar, gaya gravitasi akan terus memadatkan material dalam inti bintang. Tekanan kedalam yang terus menerus ini akan menciptakan ledakan supernova dimana bagian luar bintang akan terlempar dengan ledakan, namun inti bintang akan hancur ke dalam dirinya sendiri. Inti bintang yang telah hancur inilah yang lantas disebut dengan black hole.

Sumber Gambar

Black hole memiliki gaya gravitasi yang begitu besar sehingga benda langit apapun yang berada dalam zona gravitasinya akan terhisap ke dalamnya. Jadi, misteri angkasa satu ini bukanlah monster kelaparan yang bergerak di luar angkasa dan memangsa planet-planet disekitarnya. Benda angkasa ini hanyalah lubang hitam yang tidak terlihat dan memiliki gaya gravitasi besar.

www.bbc.com

Tidak ada benda langit yang mampu keluar dari sana karena dengan gaya gravitasi yang dimilikinya, dibutuhkan kecepatan yang jauh lebih besar daripada kecepatan cahaya untuk dapat melawan gaya gravitasi black hole. Jika kamu kurang beruntung dan terhisap kedalam sebuah black hole, kamu akan tertarik memanjang hingga hancur. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi black hole akan meningkat drastis semakin kamu dekat dengan inti black hole.

Bagaimanapun, hingga kini, semua yang kita dapat ketahui tentang black hole hanyalah teori semata berdasarkan observasi ahli astronomi. Belum ada satu orang pun yang dapat membuktikan secara empiris apa itu black hole dan apa yang terjadi didalam black hole. Meski begitu, dengan kemajuan sains dan teknologi, mungkin kita akan dapat mengetahui dengan pasti apa itu black hole di masa mendatang.

Kamu Sering Lupa? 7 Makanan Ini Harus Kamu Masukkan Dalam Menu Makanmu!

Saat Ujung Pelangi Ditemukan, Akankah Ada Tong Berisi Emas atau Bidadari?

Inilah Dampak Buruk Jika Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama

Tomat dan Timun Termasuk Buah atau Sayur ya?

Planet Baru Ditemukan, Panasnya Disebut-sebut Bagai Neraka