Ahli Bedah di Tiongkok Temukan 200 Batu di dalam Tubuh Seorang Pasien. Hiii!

06 Desember 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Meskipun mungkin rasa sakit pada tubuh seringkali dianggap remeh karena belum terasa terlalu parah, ada baiknya jika kita selalu peka dan mencoba melakukan konsultasi kepada pihak yang mumpuni dan ahli dalam bidang kesehatan tubuh. Masalahnya, jika ternyata suatu kejanggalan pada tubuh kita itu ternyata berbahaya dan dapat semakin parah jika didiamkan saja, penyesalan pada akhirnya akan selalu datang terakhir.

Diberitakan oleh odditycentral.com, para ahli bedah di Rumah Sakit Guanji di Hezhou, Tiongkok, menghabiskan waktu selama 6 jam untuk menyingkirkan batu yang berjumlah 200 buah dari tubuh seorang pasien. Tepatnya di bagian kantong empedu dan hati. Hiii, kok bisa?

Pasien itu memperkenalkan dirinya ke media dengan nama Nyonya Chen, seorang wanita berusia 45 tahun yang telah merasakan sakit di bagian perutnya selama bertahun-tahun. Pertama kali dia memeriksakan gejala pada tubuhnya itu ke dokter, beberapa tes menunjukkan bahwa di dalam kantong empedu dan hati Nyonya Chen terdapat beberapa batu yang menjadi penyebab rasa sakit pada perutnya. Dokter yang memeriksanya pun menganjurkan operasi secepat mungkin, namun Nyonya Chen tidak mau melakukannya karena takut.

Setelah berselang beberapa waktu, akhirnya ia pun memutuskan untuk melakukan operasi di Rumah Sakit Guanji ketika rasa sakit pada perutnya sudah tidak tertahankan lagi. Dalam operasi yang berlangsung selama berjam-jam itu, para ahli bedah menemukan batu-batu dari yang seukuran kelereng sampai yang seukuran dengan telur ayam.

Dr. Quan Xuwei, salah satu ahli bedah yang menjalankan operasi tersebut, mengatakan bahwa gejala yang dialami oleh Nyonya Chen adalah kasus yang tidak biasa. Dia juga mengatakan bahwa gejala ini kemungkinan besar disebabkan oleh pola makan yang tidak baik.

Nyonya Chen memang kerap kali melewatkan sarapan setiap pagi, dan dia juga sering mengonsumsi makanan sisa yang sudah didiamkan selama berjam-jam. Hal ini menyebabkan air empedu memenuhi kantung empedu dalam jumlah yang berlebih sehingga menyebabkan kadar kolesterol dan kalsium yang terlalu tinggi, yang akhirnya berkristalisasi menjadi batu.

Dilansir dari dailymail.co.uk, seorang ahli penyakit dari Inggris bernama Dr. George Webster mengatakan bahwa selain disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, gejala pada Nyonya Chen bisa juga disebabkan oleh infeksi pada kantung empedu. Selain itu, masih ada penyebab lain yang belum diketahui sampai sekarang. 

informasi yang dibagikan oleh ahli bedah ini mungkin bisa jadi pelajaran bagi kita untuk selalu menjaga pola makan dengan baik. Jangan sampai kegiatan primer yang selalu dibutuhkan untuk mengisi energi kita setiap harinya itu justru akan berbuntut kepada hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES