Ada Jerapah Putih Polos Tertangkap Kamera. Bukan Karena Albino, Hal Inilah Penyebabnya!

20 September 2017
|Romlah Sundari
195SHARES

Sebuah video yang direkam belum lama ini oleh petugas penjaga hutan Hirola Conservation Program atau HCP di Kenya menunjukkan sepasang ibu dan anak jerapah liar yang sedang berada di alam bebas. Ibu dan anak jerapah tersebut tampak bercengkrama dengan santai di antara pepohonan. Sesekali sang ibu akan memberi sinyal kepada anaknya untuk bersembunyi di semak-semak seperti kebanyakan ibu jerapah lainnya yang protektif pada buah hatinya. Meski merupakan hewan liar, namun jerapah-jerapah ini tampak tidak terganggu dengan kehadiran kamera yang merekam gerak geriknya.

Meski penampakan jerapah di alam liar Afrika merupakan hal yang wajar, namun penampakan pasangan jerapah ibu dan anak dalam rekaman video ini menjadi menarik karena kedua jerapah tersebut berwarna putih alih-alih berwarna cokelat seperti kebanyakan jerapah. Sebenarnya keberadaan hewan berwarna putih bukanlah hal yang aneh karena terdapat banyak hewan berwarna putih yang telah ditemukan. Biasanya, penyebab warna unik hewan ini adalah albinisme atau kondisi medis albino yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi pigmen warna. Namun, jika kedua jerapah yang terekam video ini merupakan hewan albino, mengapa warna mata keduanya masih hitam?

Ternyata, terdapat kondisi medis lain yang dapat menjadi alasan di balik warna unik kedua jerapah yang berada di Kenya ini, yakni leusisme. Kondisi leusisme ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi pigmen sebagian sehingga tubuh masih bisa memproduksi pigmen di bagian lain seperti di mata dan rambut. Hal ini menjelaskan mengapa ibu dan anak jerapah ini masih memiliki warna mata yang hitam.

Ibu dan anak Jerapah ini bukanlah hewan pertama yang ditemukan mengalami warna putih yang abnormal. Sebelumnya, telah ada Snowflake, gorilla dataran rendah yang mengalami albinisme dan Omo, anak jerapah Masai yang tinggal di Taman Nasional Tarangire, Tanzania yang mengalami Leusisme. Tidak hanya pada hewan darat, pernah ditemukan pula seekor paus bungkuk albino di perairan Whitsunday, Australia. Pada hewan, warna putih yang mencolok ini dapat memberikan kesulitan tertentu bagi mereka untuk bertahan hidup karena warnanya yang mencolok membuat mereka mudah ditemukan dan dijadikan incaran oleh predator. Bahkan, kebanyakan jerapah yang berwarna putih tidak dapat bertahan hidup lebih dari usia enam bulan saking mudahnya mereka menjadi mangsa predator.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
195SHARES