Ada Bahaya yang Mengintai Di Balik Kecantikan Pohon Natal. Hati-hati, Bisa Berabe!

28 Desember 2017
|Chandra W.
0SHARES

Salah satu elemen wajib untuk dekorasi Natal? Apalagi kalau bukan pohon Natal. Pohon cemara yang menjulang tinggi mengerucut selalu ada dalam rumah-rumah umat Nasrani untuk dihias dengan pernak-pernik khas Natal. Meski membahagiakan, ternyata ada bahaya yang mengintai di balik itu. 

Dalam setiap pohon cemara hidup yang lalu ditebang dan dipajang dengan megah dalam rumah, ada sekitar 25.000 kutu, tungau, dan serangga dari kumbang sampai laba-laba yang bermukim di dalamnya. Nggak nyangka kan pohon cantik dengan dedaunan meruncing itu bisa menjadi rumah bagi puluhan ribu serangga sekaligus? Serangga-serangga tersebut melakukan hibernasi pada musim dingin. Namun ketika suhu sekitarnya menghangat, mereka mengira musim semi telah tiba dan bangun dari tidur panjangnya.

Sebagian akan tetap tinggal di bawah keteduhan cemara, sebagiannya lagi yang tertarik terhadap cahaya mungkin akan terbang keluar dari dedaunan dan melayang-layang ke lampu atau jendela rumah. Tapi tenang, mereka nggak akan mengganggu penghuni rumah atau menjadi hama yang membahayakan kok. Temperatur dan kondisi kelembapan dalam rumah yang normalnya berbeda dengan cuaca di luar di mana pohon tumbuh dengan sendirinya akan mematikan serangga dalam beberapa hari saja. 

Lalu bagaimana baiknya jika ingin tetap memakai pohon cemara asli tapi takut serangga? Pohon bisa digoyangkan sebelum masuk rumah supaya serangga yang berada di sana rontok. Bisa juga digoyang-goyang di atas alas putih dan tinggalkan sehari di garasi misalnya, sembari menunggu serangga rontok semua. Jangan disemprot pembasmi serangga aerosol ya, karena mudah terbakar. Nanti ketika pohon Natal sudah waktunya pensiun, beberapa serangga mungkin akan terlihat jejaknya di kursi, sofa, furnitur sekitar pohon dan langit-langit. Jangan panik, cukup bersihkan dengan vacuum cleaner saja. 

Di Indonesia sendiri belum banyak yang merayakan Natal dengan pohon cemara asli. Masih lebih banyak yang memilih cemara plastik. Selain lebih ekonomis, bisa dipakai lagi tahun berikutnya. Juga bebas dari serangga bawaan pohon cemara asli. Di beberapa daerah sebenarnya sudah ada yang menyediakan pohon cemara asli untuk Natal. Nah kalau kamu mau pakai yang asli, jangan lupa bersihkan dulu dari serangga ya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES