7 Penemuan Hewan Langka Ini Bakal Bikin Kamu Melongo Saking Herannya. Bentuknya Ajaib Banget!

05 Januari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Ada banyak sekali spesies hewan langka yang belum ditemukan oleh manusia di dunia ini. Dari hewan darat, air sampai amfibi, selalu ada penemuan baru setiap tahunnya. Fauna yang ditemukan sering kali memiliki keunikan yang berbeda satu sama lain. Jangankan orang biasa, ilmuwan saja banyak yang dibuat heran oleh bentuk, warna, hingga perilaku hewan-hewan tersebut. YuKepo sudah merangkum tujuh hewan langka yang unik banget nih. Apa saja ya?

1. Ikan pacu, ikan bergigi mirip gigi manusia. Waduh, gimana tuh kalau dgigit?

Ikan pacu banyak ditemukan di sungai-sungai di Amerika Latin. Hewan langka ini masih 'saudara' dengan piranha. Bedanya, piranha karnivora alias pemakan daging, sedangkan ikan pacu vegetarian. Terus uniknya apa? Well, ikan pacu memiliki susunan gigi yang mirip gigi manusia. Apakah ikan pacu merupakan hasil persilangan antara ikan dan manusia? Ya bukan dong. Gigi ikan pacu begitu karena mereka sering makan kacang-kacangan atau biji-bijian yang keras. 

2. Ular yang berbentuk mirip penis

Nama latin dari spesies yang bentuknya bikin ngilu ini adalah Atretochoana elselti. Hewan langka yang bersifat amfibi ini ditemukan di salah satu anak sungai Amazon, yaitu sungai Madeira, Brazil. Ular ini sebenarnya famili dari caeciliana yang bergerak hanya mengandalkan indra penciumannya. Ular penis ini bisa tumbuh hingga 80 cm. Panjang juga ya?

3. Fossa, mirip anjing, mirip kucing, tapi bukan catdog. Jadi apa dong?

Kamu yang sudah pernah menonton film Madagascar mungkin merasa familiar dengan hewan ini.Banyak yang mengira Fossa termasuk dalam famili kucing, tapi rupanya ia lebih dekat dengan mamalia seperti merkaats. Sesuai dengan filmnya, mereka memang satwa endemik asli Madagaskar dan merupakan karnivora terbesar di sana. Fossa hidup menyendiri dan akan memangsa apa saja yang lewat di depannya. Kayak kamu, jomblo yang asal cari mangsa.

4. Laba-laba cilukba! Hewan yang pedekatenya paling menggemaskan

Sekilas nggak ada yang terlihat istimewa dari laba-laba yang satu ini. Berwarna hitam dan berukuran kecil, ia malah terlihat lucu. Lebih lucu lagi ketika ia sedang mendekati laba-laba betina. Laba-laba dengan nama Latin Jotus Remus ini akan melambai-lambai ke laba-laba betina, lalu keduanya akan berkejar-kejaran sampai akhirnya kawin. Tapi di antara fase lambaian dan berkejaran itu, laba-laba jantan akan terlebih dulu memulai permainan dengan bersembunyi dari si betina. Kayak ciluk...ba! Gemash!

5. Katak yang suka berkamuflase

Menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar itu sudah biasa. Mengubah warna dan tekstur tubuh menyerupai lingkungan sekitar baru luar biasa. Inilah yang dilakukan katak yang besarnya hanya seukuran kelereng namun memiliki kemampuan hebat mengubah warna kulit dan bahkan teksturnya agar menyerupai lingkungan. Padahal ini katak lho ya bukan bunglon. Katak ini ditemukan di Ekuador, nama spesiesnya Pristimantis sobetes dan Pristimantis mutabilis. Kemampuan hebatnya itu dapat menyelamatkan mereka dari ancaman predator.

6. Penyu laut glow in the dark

Salah satu jenis penyu terlangka di dunia ini hidup di Samudera Hindia, Pasifik dan Atlantik. Semakin dalam ia berenang, semakin terlihat bahwa sisik di tempurungnya itu bersinar kemerahan dan kehijauan. Diduga cahaya ini berasal dari biofluorescence. Sebenarnya banyak juga makhluk laut yang memiliki kemampuan bersinar dalam kegelapan. Tapi karena penyu ini sangat sedikit jumlahnya, penemuan ini jadi sangat berharga.

7. Koloni organisme kecil berbentuk seperti otak manusia

Hewan langka ini ditemukan di Kanada di perairan yang keruh, tepatnya di Lost Lagoon. Sebenarnya 'otak' ini adalah koloni organisme kecil bernama byrozoan yang jarang ditemukan karena selalu tersamarkan oleh warna air tempat mereka berada. Ilmuwan pun terkejut ketika menemukan hewan ini. 

Itu dia tujuh hewan langka unik yang bikin ilmuwan kaget. Apalagi kita orang biasa. Bahkan yang nomor tujuh sama sekali nggak terlihat kalau itu hewan ya. Makanya kita nggak boleh sembarangan menginjak atau mengambil benda-benda asing yang terlihat unik atau menarik. Kalau ternyata itu hewan berbahaya atau ternyata kita menyakiti mereka, gimana? Hiiii. Jangan sampai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES