7 Orang Ini Menjadi Pasien Operasi Plastik Pertama di Dunia

28 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
123SHARES

Pada saat ini, operasi plastik sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Apabila ada yang merasa kurang cantik atau kurang ganteng, operasi plastik menjadi jalan keluarnya. Tak jarang para artis pun berani melakoninya demi penampilan yang diidamkan. Tapi, tahukah kamu siapakah orang yang pertama kali melakukan operasi plastik? Jika kamu belum tahu, yuk cari tahu bersama.

1. Walter Yeo

Seorang pelaut asal Inggris yang bernama Walter Yeo adalah pasien yang melakukan operasi plastik pertama di dunia. Ia dioperasi oleh Sir Harold Gillies. Harold mengoperasi wajahnya yang luka, khususnya kelopak mata dan hidung akibat terlibat dalam pertempuran. Operasi tersebut dilakukan tahun 1917 dengan mencangkok kulit tubuh yang tidak rusak.

2. Mademoiselle Geoffre

Seorang model bernama Modemoiselle menjadi orang pertama yang melakukan operasi plastik di bagian kaki. Sebagai seorang model, ia menginginkan kakinya terlihat panjang. Dokter yang mengoperasinya adalah dr. Charles Dujaires. Namun sayangnya, operasi tersebut bisa dikatakan gagal. Kegagalan operasi tersebut membuat sang model harus diamputasi. Tentu dong, Modemoiselle tidak terima dan menuntut sang dokter hingga didenda ratusan juta.

3. Willie Vicarage

Willie Vicarage menjadi pasien pertama kali menjalani rekonstruksi wajah. Lagi-lagi dr. Harold menjadi perantaranya. Karena dulu belum banyak ditemukan antibiotik, risiko terkena infeksi sangatlah besar. Untungnya, sang dokter menemukan teknik tubed pedicule. Lipatan kulit dari dada ditarik ke wajah, kemudian dipasangi tabung untuk menyuplai darah agar tetap mengalir lancar dan mengurangi infeksi.

4. William M. Spreckley

William M. Spreckley mengalami cedera hidung akibat luka tembak. Karena keanehan di hidungnya, ia melakukan operasi plastik. William menjadi pasien operasi plastik pertama di dunia. Harold kembali menjadi dokter yang menangani operasi ini. Karena sering menangani operasi plastik pertama, Harold sering disebut sebagai bapak operasi plastik.

5. Isabelle Dinoire

Isabelle Dinoire adalah pasien cangkok wajah parsial pertama di dunia. Wajah Isabelle rusak karena diserang anjing. Operasi wajah parsial yang dilakukan tahun 2005 ini ditangani oleh Bernard Devauchelle. Isabelle mendapatkan jaringan wajah, khususnya hidung dan mulut dari seorang wanita yang sudah meninggal.

6. Timmie Jean Lindsey

Timmie Jean Lindsey adalah orang yang dijadikan kelinci percobaan untuk operasi implan payudara. Tahun 1962, Lindsey diimplan silikon di payudaranya oleh dr. Thomas Cronin di Rumah Sakit Jeffersen Davis. Ia tak menyangka bahwa dirinya akan menjadi tonggak perubahan dalam sejarah operasi plastik.

7. Michael Dillon

Michael Dillon terlahir sebagai seorang perempuan, tapi ia merasa lebih nyaman menjadi laki-laki. Untuk itu, ia sering menggunakan hormon testosteron dan mencoba untuk melakukan cangkok penis. Ia menjalani halloplasty. Halloplasty merupakan prosedur medis untuk merekonstruksi alat kelamin pria dengan mencangkokkan alat kelamin pria. Harold kembali menjadi penanggung jawab dalam operasi ini.

Itulah tadi tujuh orang yang melakoni operasi plastik pertama kali. Keberhasilan ketujuh orang tadi tentunya menjadi pelopor operasi plastik yang lainnya. Kalau kamu tertarik nggak buat operasi plastik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
123SHARES