7 Mitos Tentang Nutrisi dan Pangan Ini Jangan Kamu Tiru!

frequency.fitness

Beberapa waktu belakangan ini, muncul berbagai kepercayaan yang bermacam-macam mengenai makanan. Mulai dari munculnya bermacam-macam superfood seperti biji chia dan daun kale, hingga munculnya beragam jenis pola diet seperti diet bebas gluten dan detoksifikasi menggunakan jus. Meski pemahaman-pemahaman baru terkait pangan ini merupakan tren yang konstruktif dan baik karena meningkatkan kesadaran kita tentang pangan dan kesehatan, namun beberapa kepercayaan baru tentang pangan ini terkadang tidak tepat dan justru dapat membahayakan tubuh. Jika kamu termasuk kedalam golongan orang yang ingin hidup sehat dan berumur panjang, kamu harus tahu 7 mitos tentang nutrisi dan pangan yang salah kaprah ini!

1. Activated charcoal atau arang aktif bisa jadi berbahaya

www.thespicedetective.com

Arang aktif kini menjadi bahan yang digunakan dalam berbagai jenis produk. Mulai dari suplemen, masker, hingga pasta gigi, kini mengandung arang aktif. Zat yang satu ini dipercaya dapat menyerap racun dan mengeluarkannya dari tubuh, sehingga arang aktif adalah agen detoksifikasi yang ampuh menurut banyak orang.

Dan memang benar bahwasanya arang aktif memiliki kemampuan menyerap yang sangat kuat. Namun tidak terbatas pada zat-zat beracun saja, arang aktif bahkan dapat menyerap zat-zat lain yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, konsumsi arang aktif tidak boleh berlebih dan hanya boleh dilakukan saat kita tidak mengonsumsi obat-obatan lainnya.

2. Karbohidrat adalah musuh

www.t-nation.com

Karbohidrat seringkali memiliki gambaran yang buruk di mata masyarakat. Karbohidrat seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Namun karbohidrat sebagaimana zat lain, adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ia dibutuhkan untuk menjadi sumber energi bagi tubuh kala beraktivitas.

Hanya saja, kita memang harus memilih-milih karbohidrat jenis apa yang masuk kedalam tubuh kita. Karbohidrat yang sudah mengalami proses pengolahan yang panjang seperti karbohidrat yang ditemukan dalam nasi putih dan roti putih memang kurang baik bagi tubuh karena tidak mengandung nutrisi lainnya. Akan tetapi karbohidrat kompleks seperti yang ditemukan dalam beras utuh atau whole grain dan tepung gandum utuh, justru baik bagi tubuh karena kaya akan serat dan nutrisi.

3. Makan di atas jam 6 bikin gemuk

rooderennes.com

Mitos yang satu ini pasti sering kamu dengar sebelumnya. Apalagi jika kamu perempuan, pasti kamu pernah mendengar orang-orang di sekelilingmu melakukan program diet dengan cara berhenti makan sebelum pukul enam sore. Meski banyak dipercaya, namun kepercayaan yang satu ini salah kaprah. Tubuh kita tidak beroperasi berdasarkan jam, ia hanya tahu berapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh dan jumlah kalori yang dibakar. Jadi, jika kamu ingin diet, lebih baik mengurangi porsi makan alih-alih menerapkan jam malam untuk makan.

4. Mengonsumsi lemak akan membuat kita gendut
blog.getfitso.com

Memang benar bahwa konsumsi lemak dalam jumlah berlebihan akan membuat cadangan lemak dalam tubuh turut meningkat. Akan tetapi lemak juga merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Lemak berfungsi sebagai bantalan yang dapat melindungi organ-organ tubuh kita dan mengatur suhu dalam tubuh. Karena itu, menghilangkan lemak dari menu makanan kita adalah keputusan yang justru berbahaya bagi tubuh. Yang perlu dilakukan adalah mengontrol asupan lemak dan memilih jenis-jenis lemak sehat yaitu lemak tidak jenuh yang bisa didapatkan dari minyak zaitun, alpukat, dan ikan.

5. Minum delapan gelas air setiap hari
main.poliquingroup.com

Memang benar bahwa tubuh kita membutuhkan asupan H2O atau air dalam jumlah yang cukup banyak. Namun kita tidak perlu serta merta meminum delapan gelas air setiap hari. Kita bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara-cara lain seperti meminum teh, kopi, jamu, atau memakan buah-buahan dan sayuran yang kaya air seperti semangka dan melon. Selain itu, banyaknya jumlah cairan yang harus dikonsumsi tidak dapat disamakan antara satu orang dengan yang lainnya. Setiap tubuh memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda.

6. Diet bebas gluten lebih sehat bagi tubuh

www.huffingtonpost.com.au

Berbagai pola makan yang populer belakangan ini, seperti pola makan vegetarian, vegan, paleo, hingga bebas gluten, memiliki alasan tersendiri dibalik kemunculannya dan popularitasnya. Meski begitu, tidak semua diet ini cocok bagi semua orang. Diet bebas gluten yang sudah populer di berbagai negara sejak dua tahun lalu, sebenarnya adalah pola makan yang dirancang khusus untuk mereka yang menderita celiac disease atau intoleransi terhadap protein gluten, bukan untuk semua orang. Dan gluten bukanlah protein yang berbahaya bagi tubuh. Bagi mereka yang tidak menderita celiac disease atau intoleransi gluten, protein yang satu ini malah justru memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

7. Detoksifikasi dengan jus itu menyehatkan

defendyourhealthcare.us

Program diet dengan cara meminum jus detoks saja selama beberapa waktu sebenarnya merupakan sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Meski tubuh kita membutuhkan proses detoksifikasi secara berkala, namun melakukan detoks jus secara ketat justru akan membuat tubuh kehilangan berbagai nutrisi yang dibutuhkan dan membuat tubuh masuk kedalam mode ‘kelaparan’ yang jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan berbagai penyakit. Karena itu, daripada melakukan detoksifikasi artifisial dengan jus, lebih baik kita mendetoks tubuh dengan minum banyak air, menerapkan pola makan yang sehat, dan berolahraga secara rutin.

Ketujuh mitos tentang pangan dan nutrisi ini mungkin memang memiliki maksud baik. Akan tetapi kepercayaan-kepercayan ini tidak dapat dipercaya begitu saja. Karena tubuh setiap orang berbeda-beda dan kebutuhannya pun berbeda. Karena itu, kita harus mengenali tubuh sendiri dan merancang pola makan yang sesuai bagi tubuh kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Punya Banyak Istri, Pria ini Jago Urus Kebutuhan Batin, Sampai Istri Lainnya Ikut Lakukan ini - Keepodotme

Punya Banyak Istri, Pria ini Jago Urus Kebutuhan Batin, Sampai Istri Lainnya Ikut Lakukan ini - Keepodotme

Kenapa Kulit Jari Menjadi Keriput dan Berkerut Saat Kelamaan di Air?

Kenapa Kulit Jari Menjadi Keriput dan Berkerut Saat Kelamaan di Air?

6 Cara Melangsingkan Badan Dengan Cerdas Dalam Seminggu - Keepodotme

6 Cara Melangsingkan Badan Dengan Cerdas Dalam Seminggu - Keepodotme

Beginilah Wujudnya Aragog, Laba-laba di Film Harry Potter yang Ternyata Beneran Ada

Beginilah Wujudnya Aragog, Laba-laba di Film Harry Potter yang Ternyata Beneran Ada

Hebatnya Media Sosial, Pencuri Motor ini Mendadak Insyaf dan Mengembalikan Motor yang Telah Dia Curi - Keepodotme

Hebatnya Media Sosial, Pencuri Motor ini Mendadak Insyaf dan Mengembalikan Motor yang Telah Dia Curi - Keepodotme

Cara Ampuh Mengobati Sakit Kepala dengan Bahan Alami

Cara Ampuh Mengobati Sakit Kepala dengan Bahan Alami

loading