7 Manfaat Sehat Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Bangun di Pagi Hari

10 Juli 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Kamu orang yang suka begadang dan bangun ketika hari sudah mulai siang? Hentikan kebiasaan ini sekarang juga, karena sains telah membuktikan bahwa bangun pagi memberikan banyak kebaikan bagi tubuh dan kehidupan kita secara umum. Meski orang yang suka begadang seringkali disebut-sebut sebagai orang-orang yang lebih kreatif dan cenderung jenius, namun orang-orang sukses justru banyak yang tidur lebih awal dan bangun di pagi hari. Tidak percaya? Inilah 7 alasan ilmiah kenapa bangun pagi itu lebih baik dan sehat.

1. Kamu memiliki cukup waktu untuk benar-benar terbangun sebelum memulai harimu

Saat kita terbangun dari tidur, tubuh membutuhkan beberapa saat untuk benar-benar terbangun dan beradaptasi dengan kondisi terjaga. Biasanya, waktu yang dibutuhkan bagimu untuk dapat berfungsi normal setelah kamu bangun dari tidur adalah sekitar dua sampai empat jam. Di antara periode transisi yang disebut dengan sleep inertia tersebut, performa otak cenderung rendah dan kamu akan mengalami kesulitan berkonsentrasi pada pekerjaan. Karena itu, bangun dua jam lebih awal sebelum memulai aktivitas akan memberikanmu keuntungan dengan memastikan tubuhmu sudah benar-benar terjaga sesampainya kamu di kantor atau sekolah.

2. Kamu dapat menyiapkan sarapan yang lebih sehat

Bangun lebih awal tentu berarti bahwa kamu memiliki lebih banyak waktu di pagi hari pula. Karena itu, kamu jadi dapat menyiapkan sarapan yang sehat alih-alih semangkuk sereal atau mie instan yang tidak akan memberikanmu cukup energi untuk menjalani hari. Menu sarapan yang sehat selain memberimu energi yang lebih banyak, juga akan membuatmu tidak mudah lapar dan dapat membuat pilihan-pilihan makanan yang lebih baik bagi tubuh sepanjang hari.

3. Orang yang bangun di pagi hari kebanyakan merupakan orang yang dapat melakukan perencanaan dengan baik

Menurut sebuah studi di Harvard, mereka yang suka bangun pagi akan bersikap lebih proaktif dalam hidup. Mereka tidak hanya menunggu kesempatan dan mengikuti arus kehidupan. Alih-alih, mereka justru menggunakan waktu di pagi hari untuk melakukan perencanaan akan hidup mereka dan hari mereka. Orang-orang yang bangun pagi memiliki kontrol yang lebih atas hidup mereka dan pandangan yang lebih optimistik sehingga mereka dapat melakukan perencanaan dengan baik.

4. Kamu memiliki waktu untuk berolahraga sebelum memulai hari

Waktu ekstra di pagi hari itu juga akan mendorong orang untuk berolahraga. Mereka yang bangun di pagi hari cenderung akan memiliki motivasi lebih untuk berolahraga dan menjalani hidup sehat secara umum. Berolahraga di pagi hari tidak hanya akan memberi kebaikan pada tubuh dalam jangka panjang, namun juga dapat memproduksi hormon-hormon yang dapat membuatmu merasa lebih baik seperti dopamine dan serotonin. Dengan begitu, harimu akan menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

5. Bangun di pagi hari menjauhkanmu dari depresi dan stress

Jika kebaikan-kebaikan biologis di atas seperti waktu lebih untuk berolahraga dan waktu lebih untuk menyiapkan sarapan itu tidak cukup bagimu, ternyata bangun pagi juga memiliki manfaat terhadap kesehatan mental seseorang. Ya, mereka yang bangun pagi akan menjadi lebih rileks dalam menghadapi segala sesuatu sehingga kadar stress mereka cenderung rendah. Dengan begitu, mereka terhindar dari banyak penyakit mental seperti depresi dan kegelisahan atau anxiety.

6. Bangun di pagi hari memberikanmu mood yang positif dan kamu akan jadi lebih produktif

Karena bangun di pagi hari akan memberimu waktu untuk berolahraga di pagi hari dan melepaskan hormone-hormon yang dapat membuatmu merasa senang, maka mood kamu juga akan menjadi lebih baik sepanjang hari tersebut. Dan energi ekstra yang didapatkan dari berolahraga di pagi hari akan membuatmu jadi lebih produktif dan tidak ingin menunda-nunda pekerjaan.

7. Waktu tidurmu akan jadi lebih teratur sehingga kamu akan jadi lebih sehat

Selain alasan-alasan diatas, bangun pagi memiliki manfaat besar bagi kesehatanmu dengan membuatmu memiliki pola tidur yang lebih teratur. Dengan bangun lebih awal di pagi hari, kamu akan menjadi lebih lelah di malam hari dan kamu akan terhindar dari insomnia. Selain itu,pola tidur yang teratur juga akan meningkatkan kualitas tidurmu sehingga kamu akan bangun dengan lebih segar di pagi hari.

Jadi, saat alarm milikmu berbunyi esok pagi, jangan tekan tombol tunda. Bangunlah, dan rasakan berbagai manfaat bangun pagi bagi hidupmu dan tubuhmu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES