7 Hal yang Sebabkan Manusia Terlihat Menggiurkan Bagi Nyamuk

01 Agustus 2017
|Faizah Pratama
13SHARES

Saat kemarau, bukan hanya cuaca panas yang mengganggu tapi juga nyamuk yang berkeliaran. Tentu hal itu membuat kita tak nyaman. Perlu diketahui juga ternyata hanya nyamuk betina yang menggigit manusia atau hewan. Ia punya mulut yang panjang untuk menembus kulit manusia. Hewan ini membutuhkan protein untuk pembentukan telur yang akad dia peroleh dari darah.

Saat ia menggigit, ia juga mengeluarkan semacam air liur untuk mencegah darah yang dihisapnya membeku. Air liur inilah yang memicu gatal pada kulit. Untuk berburu mangsa, ternyata hewan ini punya ketertarikan sendiri.  Ia mengenali targetnya dari aroma serta panas yang dihasilkan tubuh. Nah, apa saja yang membuat nyamuk tertarik pada manusia? Simak hal-hal berikut!

1. Memakai pakaian warna gelap

Warna gelap lebih punya energy radiasi yang lebih besar karena menyerapnya bukannya memantulkannya. Nyamuk memiliki penglihatan yang tidak begitu jelas tetapi punya reseptor panas yang baik. Itulah mengapa ia tertarik pada warna hitam yang punya energi yang lebih besar dibanding warna lainnya.

 

2. Sedang Berkeringat

Saat berkeringat kita mengeluarkan sisi metabolisme tubuh, misalnya amonia dan asam. Hewan ini sangat menyukai bau tersebut dan bisa menciumnya dengan baik. Apalagi saat berkeringat tubuh dalam kondisi panas hingga ia tertarik untuk mendekat.

 

3. Golongan darah

Ternyata hewan ini juga menyukai golongan darah tertentu. Golongan darah O ternyata lebih diisukai. Sedangkan golongan darah B berada di posisi tengah, yaitu lebih menggiurkan dibanding A namun berada di bawah O. Hewan  ini bisa membedakan golongan darah lewat aroma yang menguar dari tubuh.

 

4. Kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi kadang membuat metabolisme kolesterol menyisakan produk sampingan pada kulit. Nah, itulah yang menyebabkan nyamuk untuk tertarik untuk hinggap di tubuhmu. Tidak hanya kolesterol, kadar steroid tinggi di permukaan kulit juga lebih menarik bagi hewan ini.

 

5. Karbondioksida

Nyamuk sangat menyukai karbondioksida yang dihasilkan tubuh. Semakin banyak kandungan karbondioksida yang dihasilkan tubuh, semakin besar daya tarik yang kamu berikan terhadap hewan ini. Ibu hamil lebih rentan digigit nyamuk karena menghasilkan karbondioksida lebih banyak.

 

6. Konsumsi alkohol

Hewan ini ternyata menyukai orang yang habis minum alcohol. Aroma ethanol dari minuman keras yang dikonsumsi bisa menjadi magnet bagi nyamuk untuk menggigit. Jika tak ingin sering digigit nyamuk, kurangi saja konsumsi alkohol.

 

 

7. Asam urat

Ternyata orang yang memproduksi asam urat yang berlebih pada tubuhnya lebih rentan digigit nyamuk. Karena aroma yang dihasilkan zat tersebut memancing hewan ini untuk datang.

 

Memang sudah sifat alami nyamuk untuk menghisap darah manusia ataupun hewan. Untuk mengurangi serangan nyamuk pada kita, kamu bisa memperhatikan tujuh hal tersebut.

 

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
13SHARES