7 Fenomena Bulan yang Perlu Kamu Tahu. Sudah Pernah Melihat Salah Satunya?

www.universetoday.com

Tentu kalian sudah mengetahui jika bulan adalah satelit alami bumi. Selalu mengitari bumi, bulan punya fungsi yang tak dapat diremehkan. Bulan secara tak langsung melindungi planet kita dari hantaman-hantaman benda asing. Selain itu, bulan juga berpengaruh terhadap pasang surut air laut. Meskipun tampak terang di malam hari, bulan sesungguhnya tak bercahaya. Seperti sebuah cermin, ia hanya memantulkan cahaya matahari ke bumi. Itulah mengapa cahaya bulan tak seterik cahaya matahari.

Meski hanya memantulkan, keberadaannya selalu menjadi pemandangan indah di langit malam kita telebih lagi saat bulan purnama. Ternyata banyak fenomena bulan yang membuatnya terlihat berbeda dari biasanya. Apa saja fenomena tersebut?

1. Gerhana bulan

wwwcdn.skyandtelescope.com

Saat bulan purnama perlahan ditutupi bayangan hitam dan seolah menghilang, itulah yang dinamakan gerhana bulan. Fenomena bulan ini terjadi karena bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan.

Ada beberapa jenis gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian (parsial), dan gerhana bulan penumbra. Kabarnya, pada tanggal 7-8 Agustus 2017 akan terjadi gerhana bulan parsial di langit Indonesia, lho!

2. Super moon

a.abcnews.com

Peristiwa ini terjadi saat bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan tampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer. Bulan memang mempengaruhi pasang surut air laut. Namun, jangan khawatir super moon hanya mempengaruhi kenaikan air laut beberapa inci saja.  

3. Mini moon

typeset-beta.imgix.net

Kebalikan dari super moon, mini moon terjadi saat bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi. Hal tersebut menyebabkan bulan terlihat lebih kecil dan lebih redup. Sebenarnya jika diperhatikan tidak begitu berbeda dari purnama biasanya. Fenomena bulan ini ternyata pernah terjadi di Indonesia pada 9 Juni 2017 lalu.

4. Bulan biru

d3i6fh83elv35t.cloudfront.net

Dalam astronomi, ada dua pengertian soal purnama biru ini. Pertama, blue moon bisa berarti bulan yang benar-benar berwarna biru karena ada sedikit gangguan pada atmosfernya. Kedua, blue moon merupakan nama yang menandai purnama langka pada periode kalender tertentu. Bukanlah berwarna biru tetapi kadang berwarna putih pucat ataupun merah.  

5. Black moon
cdn-image.travelandleisure.com

Bulan hitam sebenarnya hanyalah istilah untuk menandai adannya dua bulan baru dalam satu periode bulan. Fenomena tak biasa ini terjadi setiap tiga puluh dua bulan. Black moon terjadi ketika bulan melewati langit yang sama dengan matahari sehingga sisi bulan yang gelap atau tidak berawan menghadap ke bumi.

6. Pelangi bulan (Moonbow)
intisari.grid.id

Fenomena bulan ini terjadi saat bulan purnama ataupun saat bulan hampir purnama. Moonbow atau pelangi bulan adalah fenomena langka yang terjadi saat cahaya bulan direfleksikan dan dibiaskan oleh tetesan air di udara. Terkadang pelangi ini juga bisa dilihat pada malam hari. Perlu diketahui moonbow berbeda dengan fenomena halo yang seperti cincin pelangi melingkari bulan.

7. Gerhana bulan merah darah

churiyahfani.files.wordpress.com

Ada yang menyebutnya red moon ataupun blood moon. Fenomena ini terjadi saat gerhana bulan total saat bulan dalam ttitik terdekat dengan bumi. Hanya saja sinar matahari akan dibiaskan oleh cincin atmosfer bumi yang menyebabkan warnanya tampak merah. Peristiwa ini hanya akan berlangsung selama gerhana dan tidak langsung berwarna merah tetapi oranye kemudian perlahan menjadi merah.

Wah ternyata banyak juga fenomena bulan yang terjadi di langit kita ini. Dari ketujuh fenomena tersebut, adakah yang sudah pernah kamu lihat langsung?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
100%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Hal yang Sebabkan Manusia Terlihat Menggiurkan Bagi Nyamuk

7 Hal yang Sebabkan Manusia Terlihat Menggiurkan Bagi Nyamuk

Makanan yang Terbuat Dari Listrik Ini Bisa Menjadi Solusi Krisis Pangan Dunia

Makanan yang Terbuat Dari Listrik Ini Bisa Menjadi Solusi Krisis Pangan Dunia

Hebat! Perempuan Ini Ciptakan Sticker Pintar Pendeteksi Kekerasan Seksual

Hebat! Perempuan Ini Ciptakan Sticker Pintar Pendeteksi Kekerasan Seksual

Hati-hati, Bagi yang Suka Melewatkan Sarapan Pagi. Ini 7 Bahaya yang Mengintai

Hati-hati, Bagi yang Suka Melewatkan Sarapan Pagi. Ini 7 Bahaya yang Mengintai

Inilah Manfaat-manfaat yang Kamu Dapatkan dengan Tidur Telanjang

Inilah Manfaat-manfaat yang Kamu Dapatkan dengan Tidur Telanjang

Ribut Gerakan Anti-Vaksin, Inilah 7 Fakta Mengenai Vaksin di Indonesia

Ribut Gerakan Anti-Vaksin, Inilah 7 Fakta Mengenai Vaksin di Indonesia

loading