7 Fakta Menarik yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mimpi Basah

30 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Sebagai cowok yang sudah memasuki usia pubertas, pasti pernah mengalami mimpi basah, atau setidaknya mendengar mengenai fenomena ini. Mimpi basah adalah kondisi dimana seseorang mendapatkan mimpi erotis hingga terjadi orgasme saat masih tertidur. Biasanya hal ini menjadi penanda bahwa cowok tersebut sudah memasuki masa pubertas dan tubuhnya sudah siap untuk kegiatan reproduksi. Namun, ternyata mimpi ini tidak sesederhana itu. Berikut fakta-fakta yang perlu diketahui oleh kamu, apapun jenis kelaminmu.

1. Mimpi basah dapat terjadi pada cewek juga

Ya, meski lebih dikenal sebagai tanda pubertas pada cowok, namun cewek juga bisa mengalaminya. Menurut sebuah studi, 37 persen cewek pernah mengalami mimpi basah setidaknya sekali dalam hidupnya. Namun pada cewek, hal ini lebih jarang terjadi dan cenderung tidak seberantakan cowok karena cairan orgasme cewek tidak akan sampai membasahi kasur. 

2. Ini merupakan cara bagi tubuh untuk melepaskan sperma

Beberapa peneliti dan ilmuwan meyakini teori bahwa mimpi basah merupakan cara bagi tubuh untuk mengeluarkah sperma yang sudah menumpuk dalam tubuh. Karena itu, frekuensinya bagi cowok tergantung pada aktivitas seksualnya juga. Jika cowok sering masturbasi atau sudah aktif secara seksual, maka tubuh tidak perlu sering-sering mengeluarkan sperma melalui cara ini.

3. Tidak hanya itu, terkadang ini cara bagi tubuh untuk meredakan stress

Namun bukan semata sebagai mekanisme mengeluarkan sperma yang tertumpuk dalam tubuh, mimpi basah juga terkadang merupakan mekanisme bagi tubuh untuk meredakan stress. Setelah orgasme, baik melalui aktivitas seksual maupun mimpi basah, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon yang dapat meredakan stress seperti Oxytocin dan dopamine. Karena itu, tubuh dapat meredakan tingkat stress dalam tubuhmu.

4. Frekuensinya bagi setiap orang berbeda-beda

Setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada tingkat hormon testosterone dalam tubuh seseorang. Jika tingkat testosteron tinggi, maka mimpi basah akan lebih sering terjadi karena produksi sperma pun jadi lebih lancar. Namun bagi mereka yang jarang mendapatkan mimpi basah, tidak perlu khawatir, karena level testosterone seseorang tidak berpengaruh pada tingkat kesehatanmu. Selain itu, hal ini juga akan lebih jarang terjadi jika kamu sudah aktif secara seksual atau sering melakukan masturbasi.

5. Kamu dapat bermimpi mengenai hal-hal yang tabu

Ya, meskipun kamu mengidentifikasi diri sebagai seorang heteroseksual, namun kamu juga dapat bermimpi berhubungan seksual dengan sesama jenis. Atau bahkan, kamu dapat bermimpi akan sesuatu yang lebih tabu lagi seperti bercinta dengan hewan atau benda mati. Namun jangan khawatir, hal ini tidak mengatakan apapun mengenai preferensi seksualmu.

6. Kemungkinan mimpi basah untuk terjadi lebih besar di saat weekend

Ya, kemungkinanmu untuk mengalami mimpi basah menjadi lebih besar di akhir minggu. Hal ini dikarenakan mimpi basah terjadi pada fase tidur Rapid Eye Movement atau REM. Pada akhir minggu, kita cenderung untuk bangun lebih terlambat dan karena itu kita mengalami fase REM yang lebih lama sehingga kemungkinan pun lebih besar.

7. Otak dapat ‘menyensor’ mimpi basahmu

Ya, biarpun terdengar aneh, namun otak dapat menyensor mimpi basahmu sehingga kamu hanya terbangun dengan kasur basah namun tidak tahu kamu bermimpi apa semalam. Otak kadang tidak menyimulasikan hubungan seksual secara terang-terangan dalam mimpi kita dan menggunakan sesuatu yang simbolik. Jadi mungkin kamu tidak akan bermimpi bercinta dengan selebritis terkenal, namun kamu justru bermimpi masuk ke dalam terowongan dan keduanya akan menyebabkan kamu terangsang secara seksual.

Meskipun mimpi basah merupakan sesuatu yang normal terjadi pada setiap manusia, namun pada abad ke 18 dan 19, mimpi basah dianggap sebagai suatu ‘penyakit’ yang harus disembuhkan. Karena itu, mengetahui fakta ilmiah di balik mimpi basah menjadi sesuatu yang sangat penting karena dengan begitu kita menyadari bahwa mimpi basah bukanlah sesuatu yang ‘sakit’ atau salah. Mimpi basah hanyalah bagian dari mekanisme tubuh yang alami.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES