6 Kolam Indah Berteras Alami Ini Hanya Ada di Bumi. Kudapan Untuk Mata!

26 April 2018
|Median
5SHARES

Bumi nggak pernah kehabisan keindahan alam untuk dipertunjukkan. Nyatanya, hampir setiap negara di dunia ini bisa membuktikannya. Saking indahnya, kadang kita nggak percaya kalau pemandangan yang kita lihat itu ada dan terbentuk karena proses alami, seperti keenam kolam indah berteras alami dari berbagai negara di bawah ini nih, misalnya. Yuk, simak!

1. Wairakei Terraces di Taupo, Selandia Baru

Kolam air panas alami ini ada sebagai akibat dari banyaknya gunung berapi yang terdapat di Selandia Baru. Teras-terasnya terbentuk dari batu kapur yang didepositkan oleh mata air panas yang mengandung mineral. Sebelum dibuka untuk umum, kolam berteras alami ini telah lama digunakan oleh orang-orang Maori untuk keperluan relaksasi dan penyembuhan.

 

2. Huanglong di Sichuan, Cina

Sejak tahun 1992, kolam berteras alami warna-warni ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Kolam ini terbentuk akibat peristiwa geologi. Ganggang dan jenis bakteri yang hidup di dalam kolamlah yang menjadikannya tampak berwarna kuning, hijau, biru, dan cokelat. Menariknya lagi, hutan di sekitar kolam ini adalah habitat bagi hewan langka, seperti panda raksasa dan kera emas berhidung pesek.

3. Semuc Champey Pools di Lanquin, Guatemala

Kolam alami dengan dasar batu kapur ini membentang sepanjang sekitar 300 m melintasi Sungai Cahabon. Dalam bahasa Guatemala, Semuc Champey berarti ‘air suci’. Secara keseluruhan, kolam ini berwujud air terjun bertingkat-tingkat yang landai. Keindahan dan kejernihan air Semuc Champey ini terlihat sangat jelas dari titik tertingginya, El Mirador.

 

4. Baishuitai Pools di Yunan, Cina

Baishuitai adalah sebuah desa pegunungan di Yunan, yang kemudian lebih dikenal sebagai nama kolam berteras alami yang sangat indah yang ada di sana. Terasnya yang terbentuk dari lapisan endapan putih kalsium karbonat ini membuatnya tampak berkilau pada siang hari. Nah, di lingkungan inilah dulu peradaban etnis minoritas Naxi lahir.

5. Egerszalók di Heves, Hongaria

Egerszalók adalah tempat spa terbuka yang airnya berasal dari mata air panas yang terletak di bawah Pegunungan Vulkanik Matra. Sebelum mengalir ke kolam yang dipergunakan untuk spa, air panas ini mengalir menuruni kaskade yang berlapis batu kapur putih hasil endapan mineral yang dibawa air. Di bawah kaskade ini kemudian dibuat kolam untuk tempat spa terbuka yang mulai dioperasikan mulai tahun 1961.

 

6. Mammoth Hot Springs di Yellowstone National Park, AS

Mammoth Hot Springs ini merupakan sebuah kompleks mata air panas yang luas yang membentang di bukit travertin Yellowstone National Park. Teras-teras travertin ini terbentuk selama ribuan tahun akibat pengendapan kalsium karbonat. Suhu kolam yang hangat menjadikan banyak ganggang tumbuh dan memberikan nuansa warna yang indah.

 

Beneran surga dunia dan bikin betah tinggal di bumi deh pastinya. Fenomena geologis yang membentuk tempat-tempat indah di atas bumi ini memang menjadi karunia yang harus kita lestarikan. Karena untuk apa keindahan itu jika harus pupus dimakan oleh keserakahan dan ketidakpedulian kita sebagai penghuni bumi? Yuk, lestarikan apa yang kita miliki sekarang, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada bumi yang indah dan mencukupi segala kebutuhan kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
5SHARES