10 Makanan Ini Berkhasiat bagi Organ Tubuh yang Berbentuk Mirip Dengannya

13 Juli 2017
|Olphi Disya
118SHARES

Alam menyajikan berbagai sumber makanan penuh nutrisi yang bisa kita konsumsi. Di antaranya adalah buah, kacang, dan sayur-sayuran. Beberapa bahan makanan ciptaan Tuhan berikut ini memiliki bentuk yang mirip dengan organ tubuh manusia. Entah kebetulan atau bukan, nggak hanya mirip, tapi makanan ini juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk organ-organ tubuh tersebut. Penasaran makanan apa aja? Berikut penjelasannya.

1. Wortel – Mata

Menurut sains, mengonsumsi wortel dapat meningkatkan aliran darah ke mata. Wortel berwarna oranye karena mengandung zat kimia yang disebut beta-karoten di mana zat ini dapat mengurangi risiko penyakit katarak.

2. Anggur – Paru-paru

Anggur dapat mencegah penyakit kanker paru-paru dan empisema. Alveoli adalah kantung kecil di dalam paru-paru kita yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida bersirkulasi. Biji anggur juga mengandung zat kimia yang disebut proanthocyanidin, yang diperkirakan dapat mengurangi keparahan asma yang dipicu oleh alergi. 

3. Kacang merah – Ginjal

Mungkin makanan ini merupakan makanan yang paling mirip dengan organ tubuh manusia ya? Nggak hanya mirip, kacang merah memiliki jumlah serat dan serat larut yang signifikan serta protein juga sangat tinggi yang tentunya bagus untuk fungsi ginjal.

4. Jeruk – Payudara

Buah jenis jeruk yang terlihat seperti kelenjar susu berkhasiat untuk menjaga kesehatan payudara serta pergerakan getah bening yang masuk dan keluar dari payudara. Grapefruit mengandung zat yang disebut limonoids, yang telah terbukti dapat menghambat perkembangan kanker pada sel-sel payudara manusia.

5. Bawang merah – Sel darah merah

Bawang memiliki kemiripan dengan sel tubuh manusia. Fitokimia pada bawang meningkatkan kerja Vitamin C di dalam tubuh, sehingga memberikanmu kekebalan tubuh yang lebih baik. Bawang juga mengandung kromium yang membantu mengatur gula darah.

6. Jamur – Telinga

Jamur menghasilkan vitamin D yang berkhasiat untuk tulang ossicles pendengaran yang ada di telingamu. Ossicles adalah tiga tulang terkecil di tubuh manusia (malleus, incus, dan stapes). Tulang ini memainkan peran penting dalam pendengaran dengan mentransmisikan suara ke telinga bagian dalam.

7. Kenari – Otak

Kenari membantu mengembangkan lebih dari tiga lusin pemancar neuron di dalam otak yang meningkatkan sinyal dan mendorong penyebaran informasi baru di antara sel-sel otak. Kenari membantu mencegah demensia dan juga mengekstrak serta memecah plak berbasis protein yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

8. Tomat – Jantung

Nggak hanya warna yang mirip, tomat juga memiliki banyak bilik kecil persis seperti struktur jantung pada manusia. Likopen pada tomat terbukti mengurangi risiko penyakit jantung pada pria maupun wanita.

9. Kerang – Testikel

Kabar gembira nih bagi pria, karena kerang nggak hanya terlihat seperti organ seks laki-laki, tapi juga bagus untuk kesehatan organ tersebut. Kerang kaya akan asam folat dan seng yang berkhasiat pada kualitas sperma pada pria.

10. Alpukat – Uterus

Alpukat sangat baik untuk kesehatan dan fungsi rahim dan leher rahim wanita. Buah ini dapat menyeimbangkan hormon kehamilan hingga  dapat mencegah kanker serviks. Bahkan faktanya butuh waktu sembilan bulan untuk menumbuhkan alpukat dari mekar menjadi buah yang matang, kayak bayi manusia ya!

Ternyata memang mirip banget ya. Nggak salah lagi deh, kita memang harus mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan alami biar organ tubuh kita selalu sehat terjaga. Mulai sekarang makan makanan yang bergizi, yuk!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
118SHARES