Wow, Ternyata Olahraga Ekstrem Ini Sudah Ada Sejak Zaman Yunani Kuno!

02 September 2017
|Robertus Jeje
328SHARES

Familiar dengan olahraga slackline? Olahraga ini memang terbilang ngeri. Bagaimana tidak, kamu harus bisa berjalan di atas tali dengan ketinggian yang bikin kaki merinding. Olahraga ini memerlukan keseimbangan tubuh, konsentrasi, bahkan menghitung kecepatan angin karena ini nantinya akan memengaruhi kamu ketika berjalan di atas tali. Tapi, apakah kamu tahu kalau slackline ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno? Belum tahu dan masih nggak percaya? Yuk, kita bahas satu-persatu!

1. Sejak zaman Yunani Kuno, sudah ada kegiatan yang menggunakan tali

Pada zaman Yunani Kuno, olahraga menggunakan tali seperti slackline sudah ada. Kegiatan itu bernama Oribat (tarian yang dilakukan dengan tali), Neurobat (kegiatan berjalan dengan tali di atas ketinggian), Schenoebat (kegiatan menuruni tali), dan Acrobat (atraksi yang juga menggunakan tali).

2. Olahraga dengan tali ini diberi nama oleh Sensor Messala

Sebelumnya pada tahun 260 sebelum masehi, Sensor Messala memberi nama olahraga slackline dengan nama Ambulare yang berarti berjalan serta Funambulus yang berarti seutas tali. Nama ini didasarkan dari cara melakukan kegiatan slackline.

3. Ada 3 jenis dalam Funambulus atau slackline

Slackline memiliki tiga jenis, yaitu wire walkers (berjalan di atas kawat baja), tightrope walkers berjalan (berjalan di atas tali), dan webbing atau yang disebut dengan slackliners.

4. Lembah Yosemite, California sebagai tempat melakukan aksi slackline

Tahun 70-an, Lembah Yosemite, California menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin melakukan aksi gila ini. Untuk menjaga keseimbangan, mereka pada awalnya menggunakan rantai, kemudian berganti dengan tali untuk panjat tebing, dan akhirnya menggunakan tali webbing yang semakin ekstrim dan menantang.

5. Highline pertama berhasil dilakukan sepanjang sejarah slackline

Cukup banyak orang yang berlatih di Lembah Yosemite. mereka menyebut dirinya sebagai slacklining. Pada sekitar tahun 1983, ada tiga orang yang berhasil melakukan lompatan di Jembatan Pasadena, California. Mereka bertiga adalah yang pertama dalam sejarah slackline yang berani melakukan highline ekstrim.

6. Setelah jembatan, para slacklining ini juga melakukan highline ekstrim di atas bukit

Pada tahun 1984, ada dua orang yang melakukan highline di perbukitan jurang Lost Arrow. Namun, ketika itu mereka tidak berhasil karena cuaca dan angin yang cukup kencang. Hingga pada akhirnya, mereka berdua melakukan aksi serupa pada tahun 1985 dan berhasil.

7. Pernah ada film yang membahas tentang olahraga ini

Kamu pernah nonton “The Walk”? Kalau kamu pernah nonton, pasti bikin kaki terasa merinding. Film ini diangkat kisah nyata yang berlatar belakang tahun 1974,. Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon Levitt yang berperan sebagai seorang seniman Perancis bernama Philippe Petit.

Seniman ini ingin memuwudkan mimpinya yang gila dan mustahil, yakni menyebrangi menara kembar WTC dengan seutas tali tanpa menggunakan tali pengaman. Wow, ngeri banget. Jika kamu belum nonton, kamu wajib nonton film ini. Recommend banget!

Nah, itu tadi sejarah adanya slackline. Di negara-negara Eropa, olahraga ekstrem ini sudah mulai banyak diperlombakan sebagai olahraga internasional. Wah, di Indonesia kapan, ya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
328SHARES