Timnas Indonesia dan Emas yang Enggan Berada di Bumi Pertiwi

www.yukepo.com

Lagi dan lagi tim nasional sepak bola Indonesia gagal meraih gelar juara. Kali ini, dalam ajang Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar, Indonesia kembali gagal melaju ke babak final setelah pada babak semifinal harus tunduk dari Thailand melalui drama adu pinalti. Meskipun gagal melaju ke babak final dan menjadi juara, namun setidaknya Indonesia berhasil pulang dengan raihan perunggu setelah pada perebutan tempat ketiga, Egi cs sukses membungkam tuan rumah, Myanmar, dengan skor yang sangat telak, 7-1. Hal yang mungkin menjadi pertanyaan dalam benak para pecinta timnas adalah, “Kenapa emas terlalu mahal untuk Indonesia?”

kabar.news

Kalau kita menilik perjalanan timnas selama setahun belakangan, sudah ada tiga turnamen besar yang diikuti dan kesemuanya berakhir dengan kegagalan. Pertama, pada perhelatan Piala AFF tahun 2016, Indonesia harus takluk dari Thailand di babak final dengan agregat 2-3. Kemudian, pada ajang SEA Games Agustus kemarin, Indonesia harus puas dengan medali perunggu setelah pada babak semifinal, Ezra cs harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 0-1. Hasil terbaru datang dari Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar. Garuda muda harus mengakui ketangguhan penjaga gawang Thailand, Kantaphat Manpati, yang juga sempat menimba ilmu bersama Jawara Premiere League musim 2015-2016, Leicester City. Skuad besutan Indra Sjafri kalah secara dramatis melalui babak adu pinalti. 

bola.okezone.com

Dari tiga event besar yang telah dilakoni oleh Indonesia, ada keunikan tersendiri yang terselip dari kegagalan timnas meraih gelar juara tersebut. Masing-masing dari kegagalan itu berasal dari kelompok umur yang berbeda-beda: timnas senior di Piala AFF 2016, timnas U-23 di SEA Games 2017, dan timnas U-18 di Piala AFF U-18. Pertanyaannya, “Kenapa bisa seperti itu?” 

ayudiahs.blogspot.co.id

Berkaca dari persepakbolaan di Indonesia, rasanya kegagalan tersebut dapat kita sangkut-pautkan dengan dosa yang telah dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang membuat prestasi sepak bola Indonesia semakin kendur. Seperti yang diketahui bahwa sepak bola Indonesia tidak terlepas dari intervensi banyak pihak yang malah semakin membuat runyam, baik untuk para penikmat maupun para pelaku. Keinginan untuk berprestasi tidak diimbangi oleh kebersihan serta kelurusan hati dari para pemangku kepentingan di atas sana. Bukannya bersuudzon, namun berbagai bukti telah mengarahkan pada hal tersebut. Sebut saja kegagalan timnas pada ajang Piala AFF 2010 silam yang terindikasi kasus suap oleh beberapa oknum atau kebobrokan peraturan serta turnamen yang asal-asalan dengan indikator tidak adanya sanksi yang tegas dan jelas yang ditulis secara gamblang. 

detikfokus.com

Namun, selain dosa dari para pemangku jabatan, dosa dari para suporter yang sampai saat ini masih belum dapat bersikap dewasa mungkin bisa jadi salah sautu faktor lainnya. Kita masih bisa lihat keributan yang terjadi pada beberapa pertandingan, baik di Liga 1 maupun Liga 2. Saling ejek dan saling serang masih menjadi PR untuk para suporter di Indonesia. 

Dengan berbagai macam polemik tersebut, rasanya pantas bila emas enggan untuk bertamu ke bumi pertiwi. Jangan harap Indonesia juara kalau dari akarnya saja masih banyak kendala. Mari kita berbenah. Mulailah dari diri sendiri. Semangat untuk bersikap positif akan menuntut kita pada hasil yang positif. Bravo sepak bola Indonesia!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Setelah 5 Tahun, Kristen Stewart Diam-diam Rindukan Robert Pattinson - Keepodotme

Setelah 5 Tahun, Kristen Stewart Diam-diam Rindukan Robert Pattinson - Keepodotme

Diprediksi Akan Sehebat Ayahnya, Inilah Kiprah 9 Anak Pesepak Bola Dunia

Diprediksi Akan Sehebat Ayahnya, Inilah Kiprah 9 Anak Pesepak Bola Dunia

Kaum Netral Dalam Pemilu Indonesia. - Keepodotme

Kaum Netral Dalam Pemilu Indonesia. - Keepodotme

Saksikan Sendiri Kemegahan 8 Stadion Sepak Bola di Eropa Ini!

Saksikan Sendiri Kemegahan 8 Stadion Sepak Bola di Eropa Ini!

Menengok Kecanggihan Pesawat Buatan Rusia yang Akan 'Dipakai' Merpati - Keepodotme

Menengok Kecanggihan Pesawat Buatan Rusia yang Akan 'Dipakai' Merpati - Keepodotme

15 Presenter Olahraga Ini Seksinya Bikin Pria Nggak Nahan!

15 Presenter Olahraga Ini Seksinya Bikin Pria Nggak Nahan!

loading