Tidak Hanya Mourinho, 6 Manajer Ini Juga Pernah Diusir Wasit

27 September 2017
|Mohammad Syahrial
295SHARES

Pada pertandingan antara Manchester United vs Southampton terdapat kejadian menarik ketika pertandingan memasuki waktu tambahan di babak kedua. Jose Mourinho terlihat begitu panik melihat timnya digempur habis-habisan oleh pemain-pemain southampton di babak kedua. Tentu Mourinho ingin mempertahankan keunggulan 1-0 timnya agar pulang dengan membawa tiga poin. Kepanikan Mourinho membuat dirinya melewati batas garis manajer. Wasit keempat yang melihat itu langsung memanggil wasit pertama dan mengadukan Mourinho. Wasit pertama pun langsung megeluarkan kartu merah dan mengusir Mourinho dari lapangan pertandingan. Beruntung, MU berhasil keluar sebagai pemenang pada laga tersebut demi menjaga posisinya di klasemen agar tidak tertinggal dari rival sekotanya, Manchester City.

Nyatanya, tidak hanya Mourinho yang pernah merasakan diusir wasit ketika timnya sedang bertanding. YuKepo sudah menyiapkan enam manajer yang juga pernah diusir wasit dari lapangan pertandingan. Siapa aja mereka? Yuk, kita lihat.

1. Juergen Klopp

Manajer yang kini membesut Liverpool ini pernah merasakan diusir wasit ketika dirinya masih melatih Borussia Dortmund. Ketika itu, Dortmund harus bertandang ke markas Napoli dalam laga awal fase grup Liga Champions. Klopp diusir wasit karena melakukan protes keras dan mengintimidasi official pertandingan. Klopp merasa marah karena official pertandingan menunda Neven Subotic masuk kembali ke lapangan pertandingan setelah mendapatkan perawatan medis. Dalam situasi tendangan sudut, ketiadaan Subotic mampu dimanfaatkan oleh Gonzalo Higuain untuk menciptakan gol pertama bagi Napoli. Klopp pun langsung marah dan menuding mereka sebagai biang keladi terciptanya gol bagi Napoli. Klopp yang tidak mampu mengontrol kemarahannya sontak berteriak di depan wajah official pertandinganl. Wasit pertama yang melihat itu langsung mengeluaarkan kartu merah dan mengusir Klopp dari lapangan.

2. Gerardo Martino

Gerardo Martino pun pernah mengalami hal yang sama dengan Klopp. Martino pernah diusir wasit saat dirinya masih melatih Barcelona. Kala itu, Barcelona harus tunduk di kandang lawannya, Real Sociedad, pada lanjutan Liga Spanyol. Martino dihadiahi kartu merah oleh wasit Fernandez Borbalan pada jeda istirahat. Menurut laporan pertandingan, Martino diusir wasit akibat melakukan penghinaan kepada salah satu anggota tim kepelatihan Real Sociedad, Txema Lumbreras. Akibat dikartu merah wasit, Martino hanya bisa meneruskan pertandingan dari kursi penonton.

3. Alan Pardew

Saat pertandingan Newcastle United melawan Tottenham Hotspur yang berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2012, Alan Pardew, manajer Newcastle United saat itu harus diusir wasit karena mendorong hakim garis, Stuart Burt. Penyebab insiden dorongan tersebut adalah ketika Gareth Bale menggiring bola di sisi lapangan dan bola tersebut sedikit keluar dari garis lapangan. Namun, hakim garis tidak menyatakan bola itu keluar dan pertandingan terus berlanjut. Tidak terima dengan putusan hakim garis, Pardew pun mendorong Burt yang berada di depannya. Akibat insiden ini, Pardew diusir dari lapangan pertandingan dan dihukum tidak boleh mendampingi Newcastle selama tiga pertandingan.

4. Diego Simeone

Diego Simeone, manajer Atletico Madrid pun pernah diusir wasit saat anak asuhnya sedang bertanding. Ketika itu, Atletico harus menghadapi laga berat melawan Malaga. Atletico harus menang agar dapat kembali memuncaki klasemen yang beberapa saat sebelumnya direbut oleh tim sekota mereka, Real Madrid. Pada menit-menit akhir babak pertama, Diego diusir wasit karena melempar bola ke tengah lapangan ketika Malaga sedang melakukan serangan balik. Setelah insiden itu, Diego harus menonton pertandingan dari tibun penonton. Beruntung Atletico berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 dan kembali memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol pekan ke-35.

5. Sir Alex Ferguson

Manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, pun pernah diusir wasit dari pertandingan. Insiden ini terjadi pada musim 2007/2008 ketika Manchester United berhadapan dengan Bolton Wanderes. Awal mula insiden pengusiran Ferguson oleh wasit adalah ketika penyerang Bolton, Kevin Davies, hanya diberi kartu kuning setelah terlibat pertengkaran dengan bek sayap MU, Patrice Evra. Kekecewaan Ferguson berlanjut hingga waktu jeda. Ferguson melayangkan protes keras di lorong stadion kepada wasit. Pada babak kedua, Ferguson tidak terlihat di kursi manajer karena telah dikartu merah oleh wasit.

6. Roger Schmidt

Kejadian konyol terjadi ketika pertandingan antara Bayer Leverkusen menjamu Borussia Dortmund pada lanjutan Bundesliga musim 2015/2016. Roger Schmidt melakukan protes keras atas gol Piere-Emerick Aubameyang yang dianggapnya tidak sah. Schmidt menganggap telah terjadi pelanggaran sebelum Aubameyang mencetak gol yang membuat para pemain Leverkusen berhenti berlari, namun wasit berkata lain. Gol yang dicetak Aubameyang pun dinyatakan sah dan tidak ada pelanggaran sebelumnya. Protes keras Schmidt berbuah kartu merah baginya, namun Schmidt menolak keluar lapangan sehingga wasitlah yang memilih untuk keluar lapangan dan pertandingan pun terhenti.

Itu dia manajer-manajer yang pernah diusir wasit dari lapangan pertandingan. Para manajer tim sepak bola seharusnya dapat lebih bersabar mengahadapi situasi yang sedang dialami timnya karena hal ini dapat berdampak buruk bagi tim yang diasuhnya. Kalau manajer tim sepak bola Indonesia, siapa aja ya yang pernah diusir?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
295SHARES